Tito Karnavian Resmikan 3 Provinsi Baru di Papua, Berikut Daftar Nama Wilayah dan Fakta Menarik yang Ditemukan

- Jumat, 11 November 2022 | 13:42 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam Upacara Peresmian provinsi baru (Sumber: tangkap layar YouTube/Kemendagri RI)
Mendagri Tito Karnavian dalam Upacara Peresmian provinsi baru (Sumber: tangkap layar YouTube/Kemendagri RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah meresmikan tiga provinsi baru di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan,  Jumat, 11 November 2022.

Pemekaran tiga provinsi baru di Papua yang diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini ditandai dengan pelantikan 3 penjabat (Pj) gubernur yang sudah ditunjuk Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin 3 provinsi baru tersebut.

Peresmian pemekaran tiga provinsi baru di Papua tersebut dilakukan secara simbolis dengan penabuhan tifa. Sebuah alat musik tradisional masyarakat Papua, serta penandatanganan prasasti.

Baca Juga: Chico Aura Dwi Wardoyo Si Ksatria Raket dari Timur, Simak Profil Lengkap Terbaru 2022 dan Sederat Prestasinya

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini, Jumat 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," ucap Tito Karnavian dalam upacara peresmian, dikutip dari tayangan YouTube Kemendagri RI.

Adapun tiga provinsi baru tersebut merupakan pemekaran dari Provinsi Papua.

Undang-undang yang mengatur pembentukan tiga provinsi ini telah disahkan oleh DPR RI pada 30 Juni 2022 dan ditetapkan pada 25 Juli 2022

Baca Juga: Nonton Siaran TV Digital Gak Pakai Set Top Box (STB), Pastikan TV Kamu Punya Stiker Ini, Lengkap Cara Seting

Para pj gubernur dari masing-masing wilayah yang telah diresmikan antara lain: Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.

Fakta menarik yang ditemukan, ternyata Apolo Safanpo sendiri sebelumnya merupakan Rektor dari Universitas Cendrawasih Papua dan Nikolaus Kondomo sebelumnya merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X