Indonesia Krisis Sumber Pemimpin, Andrinof: Perbanyak Kepala Daerah Muda untuk Calon Pemimpin Nasional

- Jumat, 4 November 2022 | 07:30 WIB
Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof A Chaniago (suaramerdeka.com / dok)
Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof A Chaniago (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia krisis sumber pemimpin, karena setiap akan pemilihan umum atau pemilihan presiden kesulitan mendapatkan calon berkualitas.

Hanya saja menurut mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof A Chaniago, sebagian orang yang menjabat di posisi puncak lembaga negara, selama ini nilainya di bawah kualifikasi ideal.

Maka dari itu, ada yang harus diubah dengan sistem kaderisasi yang benar sehingga memunculkan bibit-bibit unggul calon pemimpin.

Baca Juga: Resmi! Stefano Pioli Perpanjang Kontrak, Latih AC Milan Hingga Tahun 2025

"Kita krisis sumber pemimpin. Dalam jangka panjang kita tidak akan mendapatkan pemimpin dengan kriteria mendekati sempurna, jika tidak ada inisiatif mempersiapkan calon-calon pemimpin secara terencana, terorganisasi dan atau dikelola oleh lembaga, organisasi, atau komunitas," kata dia saat menjadi narasumber dalam diskusi terbuka Talk and Sharing yang digelar Komunitas Aksi Literasi di Jakarta, Kamis 3 November 2022 malam hari.

Padahal kata Akademisi FISIP UI itu, ada pekerjaan besar mencari calon pemimpin nasional atau presiden masa depan. Jika dipetakan, sebenarnya ada banyak pipa saluran yang bisa menciptakan calon pemimpin.

Mulai dari kepala daerah, partai politik, organisasi kemasyarakatan, gerakan masyarakat sipil, BUMN, organisasi pengusaha, birokrasi, kejaksaan, TNI-Polri hingga kampus.

Baca Juga: Fomepizole Jadi Penawar Gagal Ginjal Akut, Kemenkes: Pasien Sembuh Naik Signifikan

"Kuncinya, jalur yang paling ideal untuk mendapat calon pemimpin nasional adalah dari kepala daerah berprestasi, mulai dari wali kota atau bupati hingga gubernur," papar dia.

Kenapa begitu lanjut Andrinof, karena tugas kepala daerah mengurus berbagai urusan publik dan selalu berinteraksi langsung dengan masyarakatnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X