Keterbukaan Nasdem-Demokrat-PKS, Tradisi Politik Baru di Indonesia

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:25 WIB
Pertemuan petinggi NasDem-PKS-Demokrat, bahas soal bacawapres pasangan Anies Baswedan. (Twitter.com/@nasdem)
Pertemuan petinggi NasDem-PKS-Demokrat, bahas soal bacawapres pasangan Anies Baswedan. (Twitter.com/@nasdem)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Nuansa keterbukaan dalam pertemuan tim kecil Partai Nasdem, Demokrat dan PKS mendapatkan apresiasi positif dari ormas Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI).

Pertemuan tim kecil Partai Nasdem, Demokrat dan PKS digelar di kediaman Anies Baswedan, Selasa 25 Oktober 2022,

”Pertemuan parpol dan Pak Anies berjalan dengan transparan. Keterbukaan itu menyiratkan adanya keinginan teman-teman di parpol untuk melibatkan publik dalam upaya menggerakkan perubahan,” ujar Sekjen SKI Raharja Waluya Jati, Rabu 26 Oktober 2022 dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: 30 Ide Caption Hari Sumpah Pemuda, Cocok Banget Buat Post Instagram dan Status WhatsApp

Menurut Jati, pertemuan politisi tiga parpol yang disebut-sebut bakal berkoalisi untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024 itu menorehkan tradisi baru dalam politik Indonesia.

Sebab, apa yang dilakukan ’trio’ Nasdem-Demokrat-PKS dinilai kontras dengan banyak pertemuan elit politik biasanya berlangsung tertutup dan minim informasi pada publik.

”Kelompok tiga parpol itu membuka luas informasi dari setiap langkah politik mereka. Rakyat pun mendapatkan jalan yang lebar untuk terlibat dalam menata masa depan bangsa. Ini kemajuan penting dalam demokrasi kita,” lanjut Jati.

Baca Juga: Jadi Penerima BSU Tahap 7 Tapi Tak Punya Rekening Bank Himbara? Tenang, Dana Bisa Cair Lewat Cara Ini

Keterbukaan politik Nasdem-Demokrat-PKS, termasuk dalam menentukan kriteria dan mekanisme pemilihan cawapres Anies Baswedan, dinilai tepat untuk menghindarkan embrio koalisi tersebut dari kemungkinan terjadinya politik transaksional.

Sebab, dengan keterbukaan itu, rakyat ikut mengawasi setiap langkah politik yang mereka lakukan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X