Launching Core Values BerAKHLAK, Mendag: yang Penting, Berdampak pada Rakyat

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:57 WIB
Mendag Zulkifli Hasan didampingi Menteri PANRB dan Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian dan Eselon 1 Kemendag saat Launching ASN Ber-AKHLAK di Kemendag. (suaramerdeka.com / dok)
Mendag Zulkifli Hasan didampingi Menteri PANRB dan Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian dan Eselon 1 Kemendag saat Launching ASN Ber-AKHLAK di Kemendag. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng ESQ me-launching Core Values ASN BerAKHLAK di lingkup Kemendag secara hybrid di Gedung Utama Kemendag dan Zoom Meeting, Selasa 25 Oktober 2022.

Acara yang diikuti 3 ribu ASN melalui Zoom Meeting dan seluruh eselon 1 hingga 2 secara luring tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, dan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

Baca Juga: Karakter Pelajar Cinta Lingkungan Peduli Bumi Butuh Ditumbuhkan

Zulkifli Hasan yang meresmikan peluncuran nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK di lingkup Kemenag itu menyampaikan tentang filosofi saat bekerja.

"Beberapa kali saya sudah sampaikan kepada eselon 1, kita sepakat bahwa negeri kita ini proses berbangsa dan bernegara ini dengan proses demokrasi. Sesungguhnya pemilik negeri ini adalah seluruh rakyat Indonesia. Sebab kedaulatan ada di rakyat itu," ujar Mendag.

Dihubungkan dengan Core Values BerAKHLAK, Mendag mengingatkan bahwa tujuan bekerja adalah harus memihak kepada rakyat.

Baca Juga: TC di Turki, Shin Tae-yong Sebut Pemain Timnas Indonesia U-20 Ada Perkembangan Signifikan

"Agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera dan lainnya, sehingga seperti visi yang dicita-citakan bersama yaitu Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Oleh karena itu, kita sebagai pejabat pemerintah birokrasi sudah seperti mesin. Tapi dampaknya itu yang paling penting, berdampak kepada rakyat," katanya.

Selanjutnya, Ary Ginanjar dalam paparannya menyampaikan bahwa seperti yang dikatakan Mendag agar strategi-strategi dalam bekerja itu bisa memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Artinya Pak Menteri punya visi misi yang harus diterapkan itu adalah target-targetnya. Serta punya misi yang harus terus dijalankan. Ada leaders yang akan menjalankan," ujar Ary.

Baca Juga: Mending Jelek Kalau Begini, 6 Tradisi Kecantikan Ini Sangat Tidak Masuk Akal, Nomor 2 Bikin Ngilu!

"Pak Menteri punya strategi, struktur dan sistem, itu yang dijalankan. Lalu beliau mengelola SDM atau budaya kerja agar semuanya memberikan dampak kepuasan masyarakat akan pelayanan dari pejabat negara," lanjutnya.

Ary kemudian menyampaikan Kemendag telah melakukan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) di lingkup Kemendag.

Ini sebagai tindaklanjut telah dicanangkannya Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X