Vaksinasi Dosis Ketiga Hanya untuk Tenaga Kesehatan, Garda Terdepan Penanganan Covid-19

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Nugroho Wahyu Utomo)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah hanya memberikan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan.

Vaksinasi tahap ketiga bagi diharapkan akan semakin melindungi para nakes dalam menjalankan perannya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers selepas rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo melalui konferensi video pada Senin, 2 Agustus 2021.

“Sudah didistribusikan ke seluruh provinsi dan saya mohon sekali agar itu segera disuntikkan ke seluruh tenaga kesehatan kita agar mereka lebih siap menghadapi kalau adanya nanti pasien-pasien yang masuk,” ujar Menkes, dalam keterangan persnya yang dikutip dari BPMI Setpres.

Baca Juga: Greysia dan Apriyani Raih Medali Emas, Menpora: Pertama dalam Sejarah Keikutsertaan Olimpiade

Menkes menyadari bahwa banyak pihak yang ingin mendapatkan suntikan vaksin dosis ketiga. Namun, Menkes mengingatkan bahwa hingga saat ini masih terdapat 140 juta masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Saya tahu banyak yang ingin mendapatkan booster ketiga, vaksin ketiga. Tolong berikan itu kepada tenaga kesehatan yang harus berjuang mati dan hidup dalam peperangan pada pandemi ini dan tolong kita utamakan saudara-saudara kita 140 juta rakyat Indonesia belum mendapatkan akses terhadap vaksin,” jelas Menkes.

Menkes juga menuturkan pesan Presiden Joko Widodo yang mengarahkan agar vaksinasi diprioritaskan kepada daerah-daerah tertentu yang memiliki kasus konfirmasi dan angka kematian yang paling tinggi.

Hal ini disebabkan oleh jumlah vaksin yang diterima oleh pemerintah masih terbatas pasokannya.

Baca Juga: Menkes Budi: 258 Juta Vaksin Covid Akan Tiba di Indonesia Hingga Akhir Tahun

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X