PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus 2021, Jokowi: Penanganan Covid-19 Bertumpu 3 Pilar Utama

- Senin, 2 Agustus 2021 | 19:30 WIB
Presiden Joko Widodo/Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo/Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kembali PPKM Level 4 mulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021," kata Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin 2 Agustus 2021.

Jokowi mengungkapkan penanganan Covid-19 ini akan bertumpu pada tiga pilar utama yang pertama kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi, yang kedua penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat dan yang ketiga kegiatan testing tracing, isolasi dan treatment secara masif termasuk menjaga BOR penambahan fasilitas isolasi terpusat serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen di daerah level 4.

Baca Juga: Kalurahan di DIY Terima Danais untuk Penanganan Covid-19, Pemkot: Akan Kita Awasi

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan selama ini.

Menurutnya bangsa Indonesia dihadapkan dengan keselamatan jiwa akibat Covid-19 dan menghadapi ancaman ekonomi.

"Harus dilakukan secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran Covid-19 di hari-hari terakhir kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari-hari terakhir agar tepat baik untuk kesehatan maupun untuk perekonomian," ungkapnya.

Jokowi menambahkan, Pemerintah juga tetap mendorong percepatan dalam penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat, program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai dan BLT untuk usaha mikro kecil dan warung, bantuan subsidi upah dan program banpres produktif usaha mikro.

"Bapak Ibu dan saudara-saudara yang saya hormati walaupun sudah mulai ada perbaikan namun sangat dinamis dan fluktuatif sekali lagi kita harus terus waspada dalam melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan kasus Covid-19 ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB

RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
X