Jacobs Jadi Manusia Tercepat

Red
- Senin, 2 Agustus 2021 | 01:10 WIB
SM/twitter #jacobs - Marcell Jacobs
SM/twitter #jacobs - Marcell Jacobs

TOKYO - Sprinter asal Italia Lamont Marcell Jacobs menjadi yang tercepat dalam final lari 100 meter putra cabang olahraga atletik pada Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Minggu (2/8) malam WIB.

Jacobs mencatatkan waktu 9,80 detik sehingga berhak atas medali emas. Catatan yang ditorehkan Jacobs itu lebih cepat ketimbang waktu terbaiknya yang berada di angka 9,84 detik. Jacobs pun jadi sprinter Italia pertama yang berhasil meraih emas di nomor bergengsi di cabang atletik dalam sejarah Olimpiade.

Adapun medali perak diraih oleh sprinter asal Amerika Serikat Fred Kerley dengan catatan waktu 9,84 detik. Sementara pelari Kanada, Andre de Grasse, menyabet perunggu setelah mencatatkan waktu 9,89 detik.

Adu cepat 100 meter putra ini diikuti oleh delapan sprinter. Mereka adalah Akani Simbine (Afrika Selatan), Lamont Marcell Jacobs (Italia), Zharnel Hughes (Inggris Raya), Fred Kerley (Amerika Serikat), Bingtian Su (Tiongkok), Ronnie Baker (Amerika Serikat), Enoch Adegoke (Nigeria), dan Andre de Grasse (Kanada).

Lomba ini sempat diulang karena sprinter Inggris Raya Zharnel Hughes dinilai mencuri start. Karena itu, Zharnel Hughes didiskualifikasi sehingga harus meninggalkan lintasan. Hal itu membuat final 100 meter putra ini hanya diikuti tujuh sprinter.

Di awal start, Fred Kerley mengawali dengan bagus. Dia sempat menjadi yang terdepan. Namun, dalam 40 meter terakhir, Jacobs melesat sehingga melewati Fred Kerley dan Andre de Grasse.

Dia pun finis terdepan sehingga meraih emas di nomor bergengsi cabang atletik. Kemenangan Jacobs ini cukup mengejutkan karena dia finis di posisi ketiga dalam babak semifinal 3 dengan catatan waktu 9,84 detik, di bawah pelari Tiongkok Bingtian Su (9.83 detik) dan pelari AS Ronnie Baker (9,83 detik).

Namun catatan waktu dia lebih baik dari pelari lain yang tergabung di semifinal 1 dan semifinal 2, termasuk Kerley dengan waktu 9,96 detik dan de Grasse dengan 9,98 detik.

Juara Baru

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X