Penuh Khasiat, Ketua LPPNU-PCNU Kebumen Inisiasi Gerakan Tanam 1 Juta Pohon Bidara

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 21:42 WIB
Ketua Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) - PCNU Kebumen Dr Imam Satibi.
Ketua Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) - PCNU Kebumen Dr Imam Satibi.

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) - PCNU Kebumen mengajak masyarakat khususnya untuk menanam pohon bidara. Tak mengundang, Ketua LPPNU PCNU Kebumen Dr Imam Satibi menginisiasi gerakan sosial tanam 1 juta pohon bidara.

Dr Imam Satibi menambahkan bahwa gerakan 1 juta pohon bidara ini dilatarbelakangi oleh panggilan syar'i terkait manfaat dan fungsi daun bidara.

Menurut Imam Satibi, banyak masyarakat yang tidak tahu pentingnya pohon bidara baik secara tuntunan Islam maupun secara medis.

"Selain itu masyarakat muslim juga mengalami kesulitan menemukan bibit pohon ini. Hilang dari peredaran padahal sebenarnya mudah dibudidaya di Indonesia," ujar Imam Satibi dalam siaran pers, Minggu (1/8).

Baca Juga: Gelombang Pasang Terjang Pantai Suwuk, Warung dan Motor Rusak

Tentang pohon ini, kata imam, sudah jelas disebut dan digambarkan dalam Al Qur'an surat As Saba ayat 16, dan Waqiah ayat 28.

Manfaat praktis pohon saba menjadi bagian dari sunah dalam memandikan jenazah dan orang yang mau masuk Islam.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadits nabi. Selain itu juga banyak khasiat lain berdasarkan hasil riset medis sehingga daunya bisa didayagunakan sebagai obat herbal yang mujarab termasuk melawan virus corona karena mengandung antiseptik dan anti oksidan.

Baca Juga: Tahun Ini Seluruh ASN Kemenag dan Keluarganya Tuntas Divaksin

Secara praktis, berdasarkan fiqih dalam pemulasaran khususnya memandikan orang yang lebih suka mencampur udara dengan daun bidara.

Hal inilah yang banyak dipenuhi oleh fiqih Islam karena sulitnya mencari daun bidara. Kemudian muncul berbagai tafsir bahwa bidara diartikan daun sidr atau kelor.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Terkini

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X