Mentan Minta Kepala Daerah Perkuat Serapan KUR, untuk Tingkatkan Produktivigas Pangan

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:22 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo./Dok. Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo./Dok. Kementan

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para kepala daerah di Indonesia untuk memperkuat penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian secara masif dan berkelanjutan.

Menurutnya, percepatan KUR penting dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pangan lokal serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Mentan mencontohkan penyerapan KUR di Provinsi Maluku sejaih ini sudah berjalan dengan baik, dimana terjadi peningkatan daya serap antara pelaku usaha dengan gabungan kelompok tani.

Karena itu, Maluku bisa menjadi contoh dalam melakukan percepatan dan penyerapan.

Baca Juga: Cegah Penularan Anak, BIN Siapkan Vaksinasi untuk Pesantren dan Sekolah

"Yang penting itu konsepsinya harus jelas, Pak Gubernur dan Pak Bupati. Harus berskala ekonomi dan berkelanjutan. Minimal 1 hektare itu bisa 7 ton," ujar Mentan belum lama ini.

Mentan mengatakan, program KUR sudah terbukti memiliki keuntungan besar yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan.

Misalnya, dari total luas tanam 1 hektar, keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp 10 smpai Rp 15 juta dalam sekali panen.

"Penghasilan sebesar itu diluar pengeluaran lain seperti makan, minum dan lain-lain. Jadi saya bisa pastikan 10 juta itu penghasilan bersih. Kenapa? karena dengan KUR akselerasinya lebih kuat dan lebih cepat. Kita tau dalam 2 tahun saya jadi menteri tidak ada impor beras, Pak, Bu," katanya.

Baca Juga: Mensos Ingin Pastikan Tak Ada Pihak yang Manfaatkan Penyaluran Bantuan

Karena itu, Mentan berjanji, ke depan pihaknya akan menambah alokasi tambahan dana KUR Maluku menjadi kurang lebih 1 triliun.

"Saya mau Maluku tidak lagi tergantung dengan daerah lain. saya mau Maluku jadi lumbung pangan nasional," katanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X