Pergerakan Kendaran di Dek Bawah Jembatan KA Cirahong Dibatasi, Tertutup untuk Roda 4

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:36 WIB
Kendaraan melintas di bawah Jembatan Cirahong. (suaramerdeka.com / dok)
Kendaraan melintas di bawah Jembatan Cirahong. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com -  Pergerakan kendaraan yang memanfaatkan bagian bawah Jembatan KA Cirahong di perbatasan Tasikmalaya dan Ciamis mulai dibatasi pasca perawatan yang berlangsung di sepanjang Juli 2021.

Jembatan ikonik yang menghubungkan jalur KA Bandung-Kroya Pp itu, dengan panjang 202 meter, disebut-sebut merupakan satu-satunya jembatan double decker (berfungsi ganda) di Indonesia.

Menurut Jubir PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo, pembatasan itu terkait dengan kemampuan jembatan. Sebelumnya, jembatan peninggalan kolonial itu bisa dilintasi kendaraan roda empat.

"Saat ini kami hanya mengijinkan jembatan  Cirahong dilalui oleh pejalan kaki dan pengguna kendaraan R2 , hal tersebut kami lakukan untuk mengetahui batas kekuatan jembatan tersebut pasca perbaikan," jelasnya dalam keterangannya, Jumat (30/7).

Baca Juga: Intervensi Penanganan Covid-19 DIY, Kepala BNPB Sebut 2 Hal Ini

Selama perbaikan yang memakan waktu sebulan itu, Jembatan Cirahong ditutup untuk lalu lintas warga yang bergerak dari Ciamis menuju Manonjaya dan arah sebaliknya. Pembatasan itu sekaligus pula digunakan untuk uji pembebanan.

Dijelaskan, penutupan jembatan itu tak terlepas dari keharusan perawatan pada konstruksi jembatan bernomor Bangunan Hikmat (BH) 1290 itu.

Perawatan yang dilakukan itu untuk mengembalikan kondisi jembatan kepada kondisi yang laik sesuai dengan fungsinya sehingga dilakukan langkah penutupan secara total selama pengerjaannya.

"Evaluasi uji pembebanan jembatan Cirahong ini dilakukan untuk memastikan keselamatan pejalanan kereta api yang melintas di atas jembatan tersebut," kata Kuswardoyo.

Baca Juga: Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali, Presiden: Tidak Ada Jalan Lain Saat Itu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB
X