The Washington Post Sampai Buat Denah dan Arah Angin Penembakan Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 18:47 WIB
Denah dan arah mata angin penembakan gas air mata oleh the Washington Post diambil dari Twitter @anxioushuxley
Denah dan arah mata angin penembakan gas air mata oleh the Washington Post diambil dari Twitter @anxioushuxley

 

Suaramerdeka.com - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi setelah pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober telah menelan ratusan korban jika dan terluka.

Tragedi terkelam sepanjang sejarah sepak bola Indonesia dan nomor 2 di tingkat dunia ini telah mencuri perhatian banyak pihak baik lokal maupun asing.

Tidak terkecuali the Washington Post, perusahaan media terbesar dan tertua di Amerika Serikat yang berbasis di Washington baru saja merilis hasil investigasi independen mereka terkait tragedi Kanjuruhan pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Investigasi yang dilakukan secara independen ini berdasarkan pemeriksaan terhadap lebih dari 100 video dan foto, wawancara dengan 11 saksi, dan analisis oleh ahli, pakar pengendali masa, serta pembela hal sipil.

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Bukan Hanya Sekarang, Rasulullah Juga Memperingati Hari Kelahirannya

Dalam hasil investigasi yang dirilis, the Washington membeberkan kronologi kejadian tragedi Kanjuruhan berikut dengan denahnya.

Dijelaskan pada denah tersebut bahwa pintu keluar dilambangkan dengan kotak putih, asap dan gas air mata dengan warna biru kebulatan sedangkan garis berwarna coklat melambangkan tribun dengan pintu keluar nomor 11, 12, dan 13.

Menurut penjelasan the Washington, pertandingan selesai pada pukul 21.39.

Saat pemain Arema mulai meninggalkan lapangan, beberapa suporter melompati pembatas untuk mendekati mereka.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X