Terungkap! Ini Personil yang Perintahkan Anggota Lakukan Tembakan Gas Air Mata

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:45 WIB
Kapolri saat memberikan keterangan pers terkait penetapan 6 tersangka tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. (foto tangkapan layar akun youtube Polri TV)
Kapolri saat memberikan keterangan pers terkait penetapan 6 tersangka tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. (foto tangkapan layar akun youtube Polri TV)

suaramerdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkapkan tiga dari enam tersangka tragedi di Kanjuruhan Malang adalah anggota kepolisian.

Mereka antara lain Kabag Ops Polres Malang Wahyu SS, Danki 3 Brimob Polda Jatim inisial H, dan Kasat Samapta Polres Malang berinsial BSA.

Lalu, siapa sosok atau personil yang memerintahkan anggotanya untuk menembakan gas air mata di stadion saat kericuhan?

Baca Juga: Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan Malang, Ini Peran Direktur LIB Akhmad Hadian Lukita

Kapolri menyebut, sosok itu adalah Danki 3 Brimob Polda Jatim. Anggota kepolisian berinisial H itulah yang memerintahkan personil pengamanan untuk menembakan gas air mata saat kericuhan terjadi.

"Saudara H memerintahkan anggota untuk menembak gas air mata," kata Kapolri saat memberikan keterangan pers, Kamis 1 Oktober 2022.

Selain Danki 3 Brimob Polda Jatim, Kasat Samapta Polres Malang juga memiliki peran yang sama dengan memerintahkan anggotanya untuk menembakan gas air mata.

Baca Juga: Inspeksi Lapangan di Stadion Kanjuruhan, Malang Presiden Jokowi Soroti Pintu yang Terkunci

Penetapan enam tersangka tersebut berdasarkan gelar perkara dan alat bukti permulaan yang cukup.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan itu terjadi sesudah laga Arema Malang vs Persebaya Surabaya yang dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu 1 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X