BPKH Fasilitasi Studi Banding Komisi Haji Nigeria dengan Kemenag RI

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:48 WIB
Studi Banding Komisi Haji Nigeria dengan Kemenag RI yang difasilitasi BPKH. (suaramerdeka.com / dok)
Studi Banding Komisi Haji Nigeria dengan Kemenag RI yang difasilitasi BPKH. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia menjadi contoh atau role model dalam penyelenggaraan ibadah haji negara lain di dunia, salah satunya Nigeria.

National Hajj Commission Of Nigeria (NAHCON) mengirimkan 22 orang delegasi untuk mempelajari tata kelola keuangan dan penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia.

Rombongan yang dipimpin Chairman / Chief Executive Officer National Hajj Commision of Nigeria Alhaji Zikrullah Kunie Hassan  melaksanakan serangkaian kegiatan.

Baca Juga: Dapat Hak Pilih Kandidat Cawapres Sendiri, Anies Baswedan: Fokus Menuntaskan Jakarta Dulu

Mulai dari pengenalan tata kelola keuangan haji yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu serta bertemu dengan Duta Besar Usman Ari Ogah - Ambassador of The Federal Republic of Nigeria untuk Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu menyampaikan, pembiayaan dan Tata kelola Ibadah haji di Indonesia dilakukan dengan sistem yang menjunjung tinggi akuntabilitas dan transparansi.

"Sejumlah terobosan penting salah satunya pada sistem pemberian Virtual Account kepada jemaah tunggu, sehingga bisa melakukan pengecekan atas uang yang telah disetorkan dan nilai manfaat yang diterima dari tahun ke tahun," kata dia. 

Baca Juga: Pelimpahan Berkas dan Tersangka Kasus Brigadir J, Kejagung Pastikan Tak Ada Intervensi

Anggito juga menerangkan hasil audit atas dana haji yang dikelola selama ini mendapatkan opini tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 4 tahun berturut- turut. 

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kementerian Agama yang diterima Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X