Selain PKS dan Partai Demokrat, PAN dan PPP Diprediksi Capreskan Anies Baswedan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:10 WIB
Anies Baswedan diusung Nasdem Jadi Calon Presiden 2024 (Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan diusung Nasdem Jadi Calon Presiden 2024 (Instagram/@aniesbaswedan)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon Presiden dalam Pilpres 2024 telah dilakukan Partai Nasdem 3 Oktober 2022.

Majelis Warga meyakini bahwa dua partai lain, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD), akan segera mengikuti jejak Nasdem.

Juru bicara Majelis Warga yang juga aktivis pemuda asal Jawa Tengah, Azmi Majid menyebut, jika PKS dan Partai Demokrat sedang ’mencari hari baik’ untuk mencapreskan Anies Baswedan.

Baca Juga: Takdir Ilahi, Istimewa! 3 Shio Ini Memang Terlahir Kaya Raya, Tak Pernah Hidup Susah Apalagi Mlarat

"Langkah Nasdem yang cepat dalam mendeklarasikan Pak Anies mendapatkan apresiasi yang sangat hangat dari kedua partai itu. Dugaan kami, PKS dan Demokrat akan segera mengikuti."

"Tanda-tandanya semakin jelas, bahkan hari ini, meskipun baru di level Provinsi, PKS DIY mendeklarasikan dukungan ke Pak Anies Baswedan,” ujar Azmi Majid, Rabu 5 Oktober 2022.

Selain dari tiga partai yang disebut-sebut bakal berkoalisi itu, Majelis Warga menangkap fenomena arus bawah dari partai lain yang juga banyak mendukung Anies Baswedan.

Baca Juga: Kalahkan Uni Emirat Arab, Bima Sakti Sebut Fokus Menjadi Kunci Timnas Indonesia

Ia memprediksi, PAN dan PPP kemungkinan bakal berpindah koalisi jika mempertimbangkan solidnya suara konstituten mereka di bawah dalam mendukung Anies Baswedan.

”Dalam laporan teman-teman pegiat Majelis Warga dari berbagai wilayah, akar rumput PAN dan PPP sebetulnya lebih condong ke Pak Anies. Jika mereka tak mendukung Pak Anies, tentu menyia-nyiakan peluang mendapatkan cottail effect (efek ekor jas),” jelas Azmi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X