Tren Angka kematian Meningkat, Wakil Ketua MPR RI: Perlu Evaluasi Penanganan Covid-19 di Sejumlah Daerah

- Kamis, 29 Juli 2021 | 16:13 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam Forum Diskusi Denpasar 12. (suaramerdeka.com  / dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam Forum Diskusi Denpasar 12. (suaramerdeka.com / dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan perlu Segera evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah untuk menekan tingkat kematian akibat virus Corona di tanah air.

Menurut Lestari, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus segera mengevaluasi daerah-daerah mana saja yang mengalami kesulitan dalam penanganan kasus positif Covid-19.

Hasil evaluasi tersebut harus segera dicarikan solusi agar tingkat kematian akibat Covid-19 di sejumlah daerah bisa segera ditekan hingga titik terendah.

"Tren peningkatan angka kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan, para pemangku kepentingan harus segera mengatasi kondisi ini," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis 29 Juli 2021.

Baca Juga: Umi Kalsum Bakal Minta Bantuan KBRI Singapura Pulangkan TKW Perisak Ayu Ting Ting dan Bilqis

Lestari menjelaskan, sejumlah upaya untuk menekan tingkat kematian akibat Covid-19 yang bisa dilakukan antara lain dengan sedini mungkin mengetahui warga yang terpapar Covid-19, lewat testing dan tracing yang agresif.

Dengan lebih dini mengetahui warga yang terpapar Covid-19, tambah anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, tindakan segera untuk penanganannya bisa dilakukan.

Lestari menambahkan sejumlah daerah tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk meningkatkan agresivitas testing dan tracing di daerahnya, sehingga terlambat menangani warga yang terpapar Covid-19.

Demikian juga dengan kelengkapan fasilitas kesehatan di setiap daerah yang tidak merata, yang berpotensi menjadi faktor tidak tertanganinya dengan segera pasien Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X