Signifikansi Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Korea Selatan Terus Ditingkatkan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:04 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa, 4 Oktober 2022 . Foto: ekon.go.id.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa, 4 Oktober 2022 . Foto: ekon.go.id.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perjanjian IKCEPA yang telah diratifikasi oleh Indonesia dan Korea Selatan semakin mempererat hubungan bilateral terutama di bidang kerjasama ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap implementasi perjanjian IKCEPA ini dapat dilakukan pada Januari 2023.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan keyakinan saya bahwa ikatan hubungan dan kerja sama antara Republik Indonesia dan Republik Korea akan semakin kuat dan erat sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat kedua negara,” kata Menko Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa, 4 Oktober 2022.

Baca Juga: Saatnya Bilang Sempurna, Deretan Shio ini Dapat Rezeki Uang Sebentar Lagi, Hajat Renovasi Rumah Bisa Kecapai

Senada dengan Menko Airlangga, dalam kesempatan tersebut Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung juga melihat persahabatan dan kemitraan Indonesia dan Korea sungguh semakin kokoh.

“Merupakan kehormatan bagi saya karena dapat menyaksikan kemajuan substansial dalam diplomasi, pertahanan, ekonomi, budaya, dan hubungan antar masyarakat, khususnya selama periode pemerintahan Presiden Joko Widodo,” ujar Duta Besar Park Tae-sung.

Duta Besar Park Tae-sung mengungkapkan bahwa hubungan bilateral korea dan Indonesia telah ditingkatkan menjadi Special Strategic Partnership.

Baca Juga: Disebut Sombong karena Tidak Menyapa Kyuhyun oleh Warganet, Reza Arap Beri Klarifikasi

Khususnya dalam kemitraan strategis di bidang kendaraan listrik dan baterai yang merupakan “showcase” untuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Eratnya hubungan bilateral kedua negara juga ditandai dengan adanya forum Joint Committee on Economic Cooperation (JCEC).

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X