Peringatan Presiden soal Ancaman Resesi, SKI: Hadapi dengan Sense of Crisis dan Persatuan

- Jumat, 30 September 2022 | 16:45 WIB
ilustrasi resesi. (Pixabay / Gam-OI)
ilustrasi resesi. (Pixabay / Gam-OI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di tengah ancaman resesi global, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan berhati-hati dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Presiden Joko Widodo meminta agar setiap uang di APBN kita ‘dieman-eman’ alias dihemat.

Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Raharja Waluya Jati, menilai bahwa pernyataan Presiden Joko Widodo tersebut merupakan 'peringatan tanda bahaya' terkait beratnya beban ekonomi yang harus dipikul negara saat ini.

Baca Juga: Baca Bocoran Prediksi Cinta Zodiak Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Sabtu 1 Oktober 2022

Arahan Presiden Joko Widodo agar Menkeu melakukan penghematan untuk menjaga agar APBN ’tidak oleng’ harus disertai dengan upaya yang lebih serius untuk menunjukkan sense of crisis.

”Presiden harus berani mengumumkan penundaan berbagai mega proyek infrastruktur dan mempersiapkan jaring pengaman sosial yang lebih baik bagi warga sebagai antisipasi resesi,” ujar Sekjen SKI, Jumat 30 September 2022.

Menurut Jati, pemerintah perlu mengurangi glorifikasi atas proyek-proyek strategis nasional.

Baca Juga: Fly Over Ganefo Sungguh Cantik, Mulus, Anti Macet, Jadi Jembatan Layang Pertama di Mranggen Demak

Karena yang ditunggu-tunggu rakyat saat ini adalah inovasi kebijakan untuk menjamin agar akses rakyat terhadap barang-barang kebutuhan pokok yang murah selalu terjaga.

”Dalam kegiatan Musyawarah Komunitas Desa (MKD) yang difasilitasi SKI di beberapa provinsi, rakyat mengeluhkan kenaikan harga-harga di saat pendapatan mereka belum membaik. Pemerintah seyogyanya menjelaskan secara transparan mengenai situasi keuangan kita disertai tawaran solusi inovatif untuk mengatasinya,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB
X