Jelang Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022, Ini 9 Rekomendasi Twibbon untuk Memeriahkannya

- Jumat, 30 September 2022 | 18:13 WIB
Kain batik dari Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipamerka di Gedung Sungging Prabangkara. (suaramerdeka.com / dok)
Kain batik dari Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipamerka di Gedung Sungging Prabangkara. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Selamat datang di bulan Oktober 2022. Tidak terasa sudah hampir memasuki penghujung dari tahun 2022 ini.

Pada bulan Oktober 2022 ini, tentunya tidak hanya terdapat hari-hari bersejarah saja seperti Hari Kesaktian Pancasila maupun Hari Sumpah Pemuda.

Namun juga ada Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022 ini.

Baca Juga: Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Mabes Polri, Febri Diansyah Tak Ikut Mendampingi, Ke Mana?

Hari Batik Nasional ini diperingati sebagai rasa syukur bangsa Indonesia pada 2 Oktober 2009 , batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Dalam sejarahnya, Batik telah diperkenalkan pada masyarakat dunia sejak Presiden Soeharto mengikuti Konferensi PBB.

Kemudian pada 4 September 2008, Batik didaftarkan melalui kantor perwakilan UNESCO di Jakarta oleh Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia.

Setelah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, Pemerintah Indonesia melalui Kepres No.33 Tahun 2009.

Baca Juga: Hacker Bjorka Disebut Idiot sampai Kena Ancam Ditendang dari BreachedForums, Ini Fakta nya

Penetapan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus upaya perlindungan dan pengembangan batik Nusantara.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB
X