Lubang Buaya Juga Ada di Yogyakarta, Tinggalkan Kisah Tak Kalah Tragis Kekejaman G30S PKI

- Jumat, 30 September 2022 | 15:11 WIB
Lubang buaya di Yogyakarta. / tangkapan gambar youtube.
Lubang buaya di Yogyakarta. / tangkapan gambar youtube.

SLEMAN, suaramerdeka.com - Lubang buaya menjadi salah satu saksi bisu kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam Gerakan 30 September 1965 atau G30S PKI. Ya, lubang buaya menjadi tempat ditemukannya tujuh Pahlawan Revolusi dalam kondisi meninggal dunia.

Untuk mengenang peristiwa dan perjuangan para tokoh yang telah gugur, maka tanggal 30 September selalu diperingati sebagai Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI.

Tak hanya di Jakarta, lubang buaya juga terdapat di kota Yogyakarta tepatnya berada di Desa Kentungan, Condongcatur, Depok, Sleman. Lubang buaya ini berada di dalam komplek Batalyon 403.

Baca Juga: Baca Bocoran Prediksi Cinta Zodiak Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Sabtu 1 Oktober 2022

Lubang berbentuk persegi panjang dengan kedalaman 70 centimeter ini juga memiliki kisah yang tak kalah tragis.

Lubang ini menjadi saksi bisu peristiwa gugurnya dua Pahlawan Revolusi Brigadir Jenderal (anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Infantri (anumerta) Sugiyono. Peristiwa berdarah ini terjadi pada tanggal 1 Oktober 1965.

"Di sinilah tempat lubang diketemukannya kedua pahlawan revolusi," kata penjaga Museum Monumen Pahlawan Pancasila, Malis Ari Juliyanto, belum lama ini.

Baca Juga: Tanaman Hias kok Kecil Terus, Ini Cara Cepat Bisa Tumbuh Besar Tanpa Diberi Pupuk Tambahan

Malis menyampaikan saat itu Brigadir Jenderal (anumerta) Katamso menjabat sebagai Komandan Komando Resort Militer 072/Pamungkas. Sedangkan Kolonel Infantri (anumerta) Sugiyono menjabat sebagai Kasrem 072/Pamungkas.

"Kebetulan waktu itu yang dicari petinggi TNI AD yang ada di Yogyakarta. Waktu itu yang menjabat Danrem sama Kasrem adalah Brigjen anumerta Katamso dan Kolonel Infantri Sugiyono sebagai Kasremnya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Jati Prihatnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X