DN Aidit si Anak Haji Terkenal Tukang Adzan Cilik Sebelum jadi Pemimpin PKI

- Jumat, 30 September 2022 | 12:38 WIB
Foto DN Aidit (wikipedia)
Foto DN Aidit (wikipedia)

SUARAMERDEKA.COM - Sebelum jadi Pemimpin PKI, DN Aidit ternyata terkenal sebagai tukang adzan cilik dan juga anak seorang Haji, tumbuh di keluarga dan lingkungan ajaran agama yang kuat.

Dipa Nusantara Aidit atau dikenal sebagai DN Aidit, merupakan satu nama besar yang berada di balik peristiwa paling berdarah di bulan September yakni G30S/PKI.

DN Aidit ialah pemimpin dari gerakan tersebut dalam menggerakkan paham komunis dan kejayaan Partai Komunis di Indonesia.

Baca Juga: Reza Arap, Rizky Billar dan Regi Datau Diisukan Selingkuh, Apa Sebenarnya Faktor Pemicu Perselingkuhan?

Di balik namanya yang menjadi salah seorang pemberontak NKRI, Aidit ternyata dulu seorang pria yang dikenal sebagai tukang azan cilik di daerah tempat ia tinggal.

Ini karena dasarnya Aidit dididik oleh orang tua hingga lingkungannya yang begitu akrab dengan agama, dikutip dari buku ‘Aidit: Dua Wajah Dipa Nusantara’ yang terbit tahun 2010 silam

Dikatakan bila Aidit merupakan anak dari Haji Ismail, saudagar ikan di Bangka Belitung. Terlahir dari keluarga yang memiliki pandangan dan didikan Islam yang kuat.

Baca Juga: Terkuak Sosok di Balik Penata Musik 'Horor' Film G30S PKI, Simak 5 Fakta Menariknya

Membuat Aidit berperan dalam pendirian Nurul Islam, organisasi pendidikan Islam dekat kawasan Chinatown (Pecinan) di sana.

Aidit juga menjadi salah satu pemuda yang sering menjadi muazin alias tukang adzan. Suaranya lantang dan berani untuk melantunkan seruan solat.

Saat mulai tumbuh menjadi pemuda, Aidit memiliki hubungan akrab dan bergaul dengan para buruh di Gemeenschapelijke Mijnbouw Billiton, perusahaan yang terdapat di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB
X