Peretasan Redaksi Narasi Capai 30an Orang. KKJ Mendesak 3 Hal Ini

- Kamis, 29 September 2022 | 14:28 WIB
Ilustrasi hacker/Freepik
Ilustrasi hacker/Freepik

SUARAMERDEKA.COM - Sebanyak 30an awak redaksi Narasi sampai Rabu, 28 September 2022, mengalami upaya peretasan di mana 7 kasus lain terjadi pada mantan karyawan Narasi.v

Upaya peretasan terhadap 30an redaksi Narasi yang telah terjadi sejak hari Jum’at, 23 September 2022 pada akun media sosial masing – masing ini telah mengambil perhatian banyak pihak.

Dari AJI (Aliansi Jurnalis Independent) sampai Dewan Pers, lembaga independen yang berfungsi untuk mengembangkan serta melindungi kehidupan pers di Indonesia turut angkat bicara terkait kasus peretasan yang dialami para awak redaksi Narasi.

Baca Juga: Jim Geovedi Dituding Teman Dekat Hacker Bjorka, Bongkar Profil, Biodata dan Fakta Menariknya

Dewan Pers secara resmi telah mengeluarkan 3 seruan melalui websitenya menanggapi kasus peretasan terhadap para awak redaksi Narasi ini.

Selain Dewan Pers, Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) yang terdiri atas AJI, Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Sindikasi) serta International Federation of Journalist (IFJ) telah mengeluarkan 3 desakan sebagai berikut.

1. Pemerintah secara terbuka menyatakan dan mengakui bahwa serangan ancaman, pelecehan, dan intimidasi terhadap masyarakat sipil, termasuk jurnalis dan kantor media merupakan pelanggaran HAM yang serius.

2. Aparat penegak hukum segera melakukan penyelidikan dan penyidikan dengan segera secara efektif, menyeluruh dan independen terhadap kasus peretasan ini serta mengadili pelaku dengan seadil – adilnya; dan

Baca Juga: Jangan Dibasmi, Bongkar Sarang Ratu Rayap, Telan yang Putih Montok, Bikin Tubuh Segar Bugar

3. Meminta semua pihak untuk menghormati kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X