Reforma Agraria, Menteri ATR/BPN Incar Target Tanah di Jateng

- Kamis, 29 September 2022 | 10:24 WIB
Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto di Rakor Penyelenggaraan Reforma Agraria Jateng 2022 di Hotel PO, Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto di Rakor Penyelenggaraan Reforma Agraria Jateng 2022 di Hotel PO, Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto meminta agar Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Jateng terus mencari target objek reforma agraria atau TORA.

Tujuannya, katat Hadi Tjahjanto, agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan kepastian hukum hak atas lahan yang dimiliki.

Hadi Tjahjanto mengatakan untuk melaksanakan reforma agraria dibutuhkan sinergi dari empat pilar yaitu Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum, dan Kejaksaan.

Baca Juga: Prediksi Karir dan Keuangan Zodiak Cancer, Gemini, Taurus, Aries, Pisces, Aquarius, Jumat 30 September 2022

Selain itu juga dibutuhkan pilar kelima yaitu keterlibatan masyarakat agar lebih mudah mencari target reforma agraria yang harus diselesaikan.

“Saya berpesan agar Gugus Tugas ini terus mencari Tora sebanyak-banyaknya untuk kepentingan masyarakat. Harapan para petani gurem buruh, dan nelayan itu Negara hadir."

"Melalui Tora ini juga Negara hadir dalam memberikan kepastian hukum dan keadilan yang membutuhkan tanah untuk kepentingan ekonomi,” kata Hadi Tjahjanto saat membuka acara Rakor Penyelenggaraan Reforma Agraria Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 di Hotel PO, Kota Semarang, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Komisi III DPR Minta Pengawasan Ketat ASN Mahkamah Agung, Peraturan Dibenahi Secara Detail

Dengan lima pilar tersebut, lanjutnya, bisa mengintegrasikan redistribusi dan pemberdayaan masyarakat serta menyelesaikan konflik maupun sengketa agraria.

Setiap redistribusi, subjek harus terverifikasi untuk menghindari permainan bandar. Verifikasi subjek tersebut ada di pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X