Komisi III DPR Minta Pengawasan Ketat ASN Mahkamah Agung, Peraturan Dibenahi Secara Detail

- Kamis, 29 September 2022 | 08:12 WIB
Potret Gedung Mahkamah Agung (mahkamahagung.go.id)
Potret Gedung Mahkamah Agung (mahkamahagung.go.id)

JAKARTA,suaramerdeka.com - Anggota DPR, Anggota Komisi III Habiburokhman mendesak Komisi Yudisial untuk mengawasi kinerja ASN yang saat ini masih aktif bekerja di Mahkamah Agung (MA).

Desakan ini muncul sebagai imbas penangkapan Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan Panitera Pengganti Mahkamah Agung Elly Tri Pangestu serta sejumlah ASN yang kini ditangani KPK.

Menurut Politikus dari Partai Gerindra ini, pengamanan di Gedung Mahkamah Agung saat ini sebenarnya sangat ketat bagi pihak luar, tapi nyatanya masih saja dapat terjadi peristiwa penyuapan seperti itu.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 29 September 2022 Cancer, Leo, Virgo: Awal Menyenangkan, Jangan Keras Kepala

Berkaitan akses masuk MA sekarang ini, Habiburokhman menduga skandal penyuapan seperti ini terjadi justru masuk melalui ASN "nakal" yang berada di MA.

“Kalau saya dengar itu kan ada ASN yang ketangkap juga awalnya ada empat atau berapa orang ada Askor itu namanya asisten koordinator atau semacam orang yang bertanggung jawab membantu Hakim Agung dalam pemberkasan perkara, baca berkas dan lain-lain sebagainya membantu kalau masuknya dari orang-orang ini maka orang-orang ini juga perlu kita awasi,” kata Habiburokhman di Gedung DPR, Jakarta, saat ditemui tim suaramerdeka.com.

Menurutnya, Komisi Yudisial sudah harus bisa membaca peristiwa ASN yang sering kali "nakal" di MA.

Baca Juga: Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe, Mari Intip 7 Fakta di Baliknya

“Kalau selama ini hanya Hakim Agung kalau Hakim Agung gampang dia misalnya ke mall, gampang ketemu sama siapa ngapain gitu? Kalau dia melakukan tindakan-tindakan yang tidak pantas bahkan menyimpang orang bisa memantau,” ujarnya.

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan bahwa kini perlu adanya pembenahan yang menyeluruh untuk mereformasi pengawasan hukum di MA.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X