Redaksi Narasi Diretas Masal, Dewan Pers Angkat Bicara dengan Mengeluarkan 3 Seruan

- Rabu, 28 September 2022 | 13:07 WIB
Ilustrasi peretasan. (foto: pexels)
Ilustrasi peretasan. (foto: pexels)

JAKARTA, Suaramerdeka.com - Sampai 26 September 2022, puluhan redaksi Narasi dari produser hingga jurnalis dilaporkan telah mengalami upaya peretasan pada akun sosial media masing – masing.

Ada 24 redaksi dari Narasi, perusahaan yang bergerak di bidang jurnalistik serta media massa dan dirikan oleh Najwa Shihab ini mengalami upaya peretasan massal pada akun media sosial seperti Facebook, Telegram, Instagram sampai Whatsapp.

Menanggapi hal ini, Dewan Pers yang merupakan lembaga independen dan berfungsi untuk mengembangkan serta melindungi kehidupan pers di Indonesia turut angkat bicara atas kasus yang menimpa redaksi Narasi.

Baca Juga: Bersyukurlah 4 Zodiak Ini, Mendapat Silaturahmi Rezeki dan Cuan, Jumlah Tak Terhitung

Dewan Pers menyatakan bahwa peretasan merupakan perbuatan melawan hukum dan berakibat pada terganggunya upaya kerja jurnalistik serta kemerdekaan pers.

Sedangkan kemerdekaan sendiri merupakan wujud dari kedaulatan rakyat dan menjaganya merupakan tanggung jawab semua pihak, baik perusahaan pers, publik/masyarakat luas, pemerintah, dan aparat penegak hukum.

Berikut telah dikutip tim suaramerdeka dari website resmi terkait 3 seruan Dewan Pers atas kasus peretasan redaksi Narasi.

Baca Juga: Dicintai Dewi Fortuna, 5 Zodiak Dihantam Rezeki dan Cuan Segede Tsunami, Jangan Lupa Traktir Teman teman Ya

1. Mengecam semua tindakan peretasan dan meminta dengan segera agar pihak yang melakukan peretasan menghentikan aksinya.

2. Meminta aparat penegak hukum supaya proaktif untuk menyelidiki kejadian peretasan ini dan segera menemukan pelakunya serta mengusut tuntas.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X