Ketua Mahkamah Siap Adakan Rotasi dan Mutasi Besar-besaran, Ada Kriterianya

- Rabu, 28 September 2022 | 11:24 WIB
Ketua Mahkamah Agung, M Syarifuddin (Dok. Humas Mahkamah Agung)
Ketua Mahkamah Agung, M Syarifuddin (Dok. Humas Mahkamah Agung)

JAKARTA,suaramerdeka.com - Kasus tertangkapnya Hakim Agung Sudrajad Dimyati dalam OTT KPK di Mahkamah Agung minggu lalu membuat prihatin banyak kalangan

Muncul desakan dari berbagai pihak, khususnya kalangan yuridis agar Mahkamah Aagung mengadakan rotasi dan mutasi secara berkala dalam lembaga peradilan tertinggi tersebut.

Menanggapi hal itu Mahkamah Agung mengumumkan akan melakukan rotasi staf dan panitera pengganti yang telah cukup lama bertugas dan bermasalah.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Ikatan Cinta 28 September 2022: Sukses! Aldebaran Selamatkan Elsa dari Tangan Agus Rimba

“Menanggapi musibah ini, Pimpinan Mahkamah Agung juga akan melakukan rotasi dan mutasi untuk staf dan panitera pengganti yang cukup lama dan yang bermasalah,” ujar Ketua MA M. Syarifuddin saat pembacaan kembali Pakta Integritas, dalam keterangan resminya yang diterima tim suaramerdeka.com.

Panitera Pengganti merupakan organ kelengkapan majelis hakim yang tugas utamanya membantu Majelis Hakim Agung dalam pencatatan jalannya persidangan.

Panitera Pengganti berasal dari hakim pengadilan tingkat pertama yang sudah memiliki masa kerja sebagai hakim minimal 10 (sepuluh) tahun.

Baca Juga: Ampun Deh! Pendeta Gilbert Ngotot Bela Ferdy Sambo, Omongannya Bikin Brigadir J dan Bharada E Tersudut

Mereka nantinya ditempatkan pada masing-masing hakim agung, sekaligus memegang peran sebagai asisten dari hakim agung yang bersangkutan.

“Kami meminta masukan dari Bapak Ibu sekalian, untuk melaporkan kepada kami, jika ada nama-nama yang harus ditindaklanjuti,” ujarnya kepada seluruh Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc yang hadir dalam pembacaan Pakta Integritas.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB

Pengacara Kamaruddin Minta Oknum Jaksa Diperiksa

Jumat, 25 November 2022 | 16:48 WIB

RUU KUHP Segera Disahkan, Ini Komentar Ahli Hukum

Jumat, 25 November 2022 | 14:12 WIB
X