Tim Advokasi Amicus Minta Sidang Terbuka di Tingkat MA, Momentum Bagus untuk Pembenahan Sistem Peradilan

- Senin, 26 September 2022 | 20:06 WIB
Tim Advokasi Amicus Minta Sidang Terbuka di Tingkat MA. pixabay.com/b0red
Tim Advokasi Amicus Minta Sidang Terbuka di Tingkat MA. pixabay.com/b0red

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasca KPK menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan 9 orang lainnya sebagai tersangka, muncul banyak dukungan termasuk dari Tim Advokasi Amicus.

Sejumlah advokat yang tergabung dalam Tim Advokasi Amicus (TAM) meminta agar persidangan di tingkat Mahkamah Agung (MA) digelar secara terbuka untuk umum.

Perwakilan TAM, Johan Emanuel mengatakan terungkapnya kasus suap di MA menjadi momentum untuk pembenahan sistem peradilan. Diharapkan persidangan lebih terbuka.

"Ini sebenarnya menjadi momentum bagus untuk pembenahan sistem peradilan," kata Johan Imanuel dalam keterangan persnya seperti dilansir dari detikNews, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Survei CSIS: Golkar Jadi Partai Terpopuler di Kalangan Pemilih Muda

Menurut TAM, sidang terbuka untuk umum ini didasarkan pada upaya hukum seperti banding, kasasi sampai peninjauan kembali (PK) dan uji materiil yang dilakukan dalam peradilan di Indonesia dilaksanakan dalam persidangan tertutup.

"Sebenarnya kalau persidangan transparansi itu lebih muda dipantau dan diawasi oleh masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya potensi pelanggaran hukum yang mungkin timbul dalam proses persidangan," ujar Johan Imanuel.

Pengacara lainnya seperti Yogi Pajar Suprayogi, mengharapkan MA dapat membuat terobosan untuk sebuah sidang terbuka dari sejak awal pemeriksaan hingga adanya putusan.

"Jika sejak awal pemeriksaan suatu perkara dibuka untuk umum, seharusnya setiap pemeriksaan di semua tingkatan tetap terbuka sampai akhir yaitu adanya putusan."

"Namanya sidang terbuka artinya terbuka lebar seluas-luasnya untuk masyarakat secara umum. Dalam artian memberikan akses kepada masyarakat luas untuk melihat jalannya persidangan," ujar Yogi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X