Penangkapan Hakim Agung Sudrajat Dimyati, ICW: Bukti Lemahnya Proses Pengawasan Lembaga

- Senin, 26 September 2022 | 07:20 WIB
Hakim Agung, Sudrajad Dimyati (suaramerdeka.com / dok)
Hakim Agung, Sudrajad Dimyati (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA,suaramerdeka.com - Sudrajad Dimyati resmi ditahan KPK usai ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Kasus penangkapan Sudrajad Dimyati ini menjadi sorotan lantaran dirinyada adalah Hakim Agung di Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Kasus dugaan penyuapan yang menjerat Sudrajad Dimyati juga menimbulkan sejumlah kekhawatiran berbagai pihak.

Baca Juga: Intai Asmara Zodiak Hari Ini 26 September 2022 Libra, Scorpio, Sagitarius: Rencana Hancur, Ada Ketegangan

Tindak OTT yang dilakukan KPK di Mahkamah Agung ini semakin menurunkan angka kepercayaan masyarakat pada lembaga tersebut.

Lalola Easter Kaban selaku Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan, ada kemungkinan masih banyak praktik korupsi di lembaga peradilan.

"Lemahnya proses pengawasan lembaga, baik oleh Badan Pengawas MA maupun Komisi Yudisial, semakin membuka celah terjadinya korupsi di sektor peradilan."

Baca Juga: Calon Konglomerat Tahun Ini, Asik! 5 Shio Ini Anti Mlarat, Dikejar Rezeki hingga Banjir Cuan Berlipat-lipat

"Kondisi tersebut memungkinkan masih banyaknya oknum hakim dan petugas pengadilan yang korup namun tidak teridentifikasi oleh penegak hukum," ujarnya saat dihubungi tim suaramerdeka.com.

Dikatakan bahwa kinerja Mahkamah Agung belakangan juga sering menjadi sorotan masyarakat, utamanya terkait vonis rendah bagi para pelaku korupsi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X