Buntut Penangkapan Hakim Agung MA, KPK Minta Rotasi Pegawai Internal Secara Berkala

- Sabtu, 24 September 2022 | 15:38 WIB
Ilustrasi persidangan (Pixabay.com/b0red)
Ilustrasi persidangan (Pixabay.com/b0red)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah penangkapan hakim agung 'SD' pada Kamis, 22 September 2022 di Kantor Mahkamah Agung (MA) bersama sembilan tersangka lainnya, akhirnya hakim agung tersebut resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Kasus ini tentu saja tidak saja telah kembali memberikan malu bagi lembaga MA itu sendiri, juga menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kompetensi para penegak keadilan tersebut.

Dengan tertangkapnya hakim agung 'SD' bersama sembilan orang lainnya, tentu semakin mencerminkan bahwa institusi penegak hukum di Indonesia sudah tidak lagi dapat dipercaya kredibilitasnya.

Baca Juga: Cantik tapi Gak Murahan, 3 Jenis Aglonema Ini Harganya Gak Bikin Kena Kanker

Keputusan mereka atas satu kasus perkara dapat diperjualbelikan atau bahkan hukumannya dapat dinegosiasikan. Walaupun sosok hakim yang masih menjaga kredibilitas dan moralitasnya sebagai penegak hukun tetap ada.

Dengan kasus terjaringnya hakim agung 'SD' dalam OTT, KPK akhirnya mendorong agar pihak Mahkamah Agung (MA) melakukan rotasi hingga mutasi bagi para pegawai ASN internalnya secara berkala.

Upaya ini dinilai penting dan efektif guna menekan maraknya permainan uang dalam pengurusan perkara oleh sejumlah pihak.

Baca Juga: 47 Pelari Elite Nasional Sudah Terdaftar di Borobudur Marathon 2022

'Karena mereka sudah lama, mereka sudah begitu mengenal modus-modus atau mengenal pengacara dan lain sebagainya. Itu harus diputus mata rantainya dengan mutasi dan rotasi pegawai secara rutin. Mungkin setiap dua atau tiga tahun,' ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada tim suaramerdeka.com di Jakarta.

Alexander Marwata menyampaikan usulan itu untuk menanggapi diamankannya beberapa aparatur sipil negara (ASN) MA yang tersandung kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara dan turut melibatkan hakim agung Sudrajad Dimyati atau 'SD'.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

Pengacara Kamaruddin Minta Oknum Jaksa Diperiksa

Jumat, 25 November 2022 | 16:48 WIB

RUU KUHP Segera Disahkan, Ini Komentar Ahli Hukum

Jumat, 25 November 2022 | 14:12 WIB
X