Libatkan Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, Begini Kronologis Kejadian Perkara Suap Debitur

- Sabtu, 24 September 2022 | 06:15 WIB
Konferensi pers KPK terkait kasus suap yang melibatkan Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati (Tangkap layar KPK TV)
Konferensi pers KPK terkait kasus suap yang melibatkan Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati (Tangkap layar KPK TV)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi membeberkan kronologis kasus suap debitur yang melibatkan Hakim Agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati.

Selain Sudrajad Dimyati, KPK juga menetapkan sejumlah pegawai PNS Mahkamah Agung, pengacara sampai debitur sebagai tersangka.

Adapun kronologis kejadian perkara suap yang telah tim Suaramerdeka rangkum dari konferensi pers KPK adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Calon Milyarder Bulan Ini, 3 Shio Beride Gila Ini Bakal Dapat Cuan dan Rezeki Gede, Siap Kaya Raya!

1. Adanya laporan pidana dan gugatan perdata terkait aktivitas dari koperasi simpan pinjam ED di Pengadilan Negeri Semarang yang diajukan oleh HT dan EDKS dengan diwakili melalui kuasa hukumnya, YP beserta ES.

2. Saat proses persidangan tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, HT dan ES belum puas atas keputusan pada dua lingkup pengadilan tersebut sehingga melanjutkan upaya hukum berikutnya ke tingkat kasasi pada MA Republik Indonesia.

3. Di Tahun 2022, dilakukan pengajuan kasasi oleh HT dan EDKS dengan masih mempercayakan YP dan ES sebagai kuasa hukum mereka.

Baca Juga: Dugaan Membantu Agar Dihukum Ringan, Sosok Kakak Asuh Ferdy Sambo Punya Posisi Tinggi di Polri, Siapa Dia?

4. Dalam pengurusan kasasi inilah, diduga YP dan ES melakukan pertemuan dan komunikasi dengan beberapa pegawai di Kepaniteraan MA RI yang dinilai mampu menjadi penghubung hingga fasilitator dengan Majelis Hakim yang nantinya bisa mengkondisikan keputusan sesuai dengan keinginan YP dan ES.

Adapun pegawai yang bersedia dan bersepakat dengan YP dan ES yaitu DY, dengan adanya penerimaan sejumlah uang.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X