Begini Kronologis OTT KPK dan Penetapan 10 Tersangka Kasus Suap MA, Termasuk Hakim Agung Sudrajad Dimyati

- Jumat, 23 September 2022 | 16:43 WIB
Tangkapan layar pada kanal YouTube resmi KPK
Tangkapan layar pada kanal YouTube resmi KPK

SEMARANG, suaramerdeka.comKPK telah melaksanakan Operasi Tangkap Tangan dengan menetapkan 10 orang menjadi tersangka, Rabu, 21 September 2022.

10 orang yang telah ditetapkan KPK sebagai tersangka ini, terkait tindak pidana korupsi berupa kegiatan suap penanganan perkara yang dilaksanakan di lingkungan Mahkamah Agung (MA).

Dari 10 tersangka yang telah resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap, terdapat Hakim Agung MA, Sudrajad Dimyati. Tidak hanya kali ini, pada tahun 2013, Sudrajat Dimyati pernah diisukan dengan kasus “Lobi Toilet”.

Baca Juga: Konstruksi Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Capai 93 Persen, Ditargetkan 28 Oktober 2022 Selesai

Penetapan 10 tersangka kasus suang penanganan perkara dilakukan secara resmi oleh KPK pada konferensi pers yang dilakukan pagi ini.

Selain 10 tersangka, berdasarkan keterangan yang dijelaskan ketua KPK Firli Bahuri, berikut kronologis Tangkap Tangkap yang dilakukan KPK.

1. KPK menerima informasi penyerahan sejumlah uang kepada Hakim atau yang mewakilinya terkait penanganan perkara di MA untuk kemudian ditindaklanjuti.

2. Rabu tanggal 21 September 2022, sekitar pukul 16:00, tim KPK berdasarkan informasi tersebut mengetahui telah terjadi penyerahan sejumlah uang dalam bentuk tunai yang dilakukan saudara YS kepada DY sebagai representasi SD di salah satu hotel di Bekasi.

Baca Juga: RUU Sisdiknas Tidak Masuk Prolegnas 2023, Ini Penyebabnya

3. Beberapa waktu kemudian pada sekitar pukul 01:00 dini hari, tim KPK kemudian bergerak dan mengamankan DY di rumahnya beserta uang tunai sejumlah $205 ribu Singapura.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

Ikadin : Profesi Advokat Wajib Junjung Kode Etik

Rabu, 28 September 2022 | 15:40 WIB
X