Sebagai Penghasil Gas Rumah Kaca Terbesar Ke-8 di Dunia, Indonesia Yakin Raih Emisi Nol Persen

- Rabu, 28 Juli 2021 | 11:13 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebagai penghasil gas rumah kaca terbesar ke-8 di dunia, Indonesia yakin raih emisi nol persen di tahun 2060.

Target raih emisi nol persen di tahun 2060 itu maju lebih awal dari target sebelumnya tahun 2070.

Sedangkan saat ini, Indonesia tengah menargetkan untuk menekan emisi hingga 41 persen di tahun 2030.

Pernyataan itu dikemukakan Pemerintah  Indonesia dalam seminar virtual dengan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa 27 Juli 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan mengatakan pada seminar virtual tersebut, bahwa dia optimis  Indonesia, penghasil gas rumah kaca terbesar kedelapan di dunia, dapat mencapai emisi nol bersih dalam 50 tahun.

“Saya tidak ragu. Sebelumnya kami menargetkan 2070, tetapi sekarang kami menargetkan 2060 atau lebih cepat setelah diskusi mendalam kami dengan John Kerry,” kata Luhut Pandjaitan, seperti yang dikutip suaramerdeka.com dari cirebon.pikiran-rakyat.com, rabu, 28 Juli 2021.

Setelah memperbarui langkah-langkah adaptasinya dan memasukkan strategi jangka panjang baru untuk pembangunan rendah karbon dalam dokumen yang diajukan ke PBB minggu lalu.

Upaya yang dilakukan Indonesia untuk mencapai nol persen emisi adalah berhenti menggunakan batu bara, minyak dan gas pada tahun 2060.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi 85 persen kebutuhan energinya dari sumber terbarukan dan sisanya dari energi nuklir.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X