Penemuan Artefak Benteng Batavia di Proyek MRT Jakarta Fase II, Berikut 5 Lokasi Penemuannya

- Kamis, 22 September 2022 | 16:01 WIB
gambar transportasi trem di Batavia (smartcity.jakarta.go.id)
gambar transportasi trem di Batavia (smartcity.jakarta.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Warga Jakarta kembali mendapat berita baik dari pengerjaan proyek MRT Jakarta Fase II (Bundaran HI-Glodok). Kembali lagi ditemukan artefak dalam proses pembuatan jalur kereta MRT Jakarta Fase II ini, Rabu, 21 September 2022.

Artefak yang ditemukan kali ini adalah berupa Saluran Air Kuno Batavia beserta Jembatan Glodok Kuno. Setelah sebelumnya telah ditemukan lintasan trem yang berlokasi tidak jauh dari lokasi penemuan artefak saluran air ini.

Baik pihak PT MRT Jakarta maupun Dinas Kebudayaan DKI Jakarta secara bersama melakukan koordinasi antar para arkeolog dari masing-masing pihak untuk tindak lanjut pelestarian artefak ini menjadi objek cagar budaya.

Baca Juga: Berikut 8 Golden Rules Member JKT48, Salah Satunya Tidak Boleh Berpacaran

Sebelumnya MRT Jakarta Fase I (Bundaran HI-Lebak Bulus) telah diresmikan pada tahun 2019 dan sudah menjadi salah satu moda transportasi warga Jakarta. Kini lanjutan pengerjaannya dilakukan guna semakin mendukung kemudahan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum.

Bicara mengenai artefak dari masa VOC ini, berikut 5 lokasi penemuan artefak yang telah dikonfirmasi tim arkeolog PT. MRT Jakarta, dihimpun oleh tim suaramerdeka.com dari berbagai sumber:

Kedalaman tanah 150-190 cm

Terdapat artefak berupa fragmen keramik, tembikar, kaca, tulang sebagai bekas aktivitas masa lalu sebelum pembangunan area Thamrin atau sebelum 1960. Serpihan artefak lain terdiri dari pecahan piring, bebatuan, bata, keramik hingga botol kaca di kawasan Glodok.

Baca Juga: Salah Taruh Potongan Lidah Mertua Bisa Kualat, Bikin Aroma Tak Sedap di Dalam Rumah Enggan Minggat

Kedalaman tanah 100-170 cm

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X