Soal Barus Diresmikan jadi Pusat Peradaban Islam, Begini Gugatan Mendiang Azyumardi Azra

- Senin, 19 September 2022 | 16:59 WIB
Prof Dr Azyumardi Azra. (Dok. Muhammadiyah)
Prof Dr Azyumardi Azra. (Dok. Muhammadiyah)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepergian Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra menyisakan kesedihan mendalam bagi segenap keluarga, Dewan Pers Indonesia, dan seluruh cendekiawan di Indonesia.

Sosok Azyumardi Azra tidak hanya menjadi guru bagi para ilmuwan muda, tetapi juga sebagai pelopor dalam pengembangan sejarah Islam di Nusantara.

Namun sebelum akhir hayatnya, Azyumardi Azra pernah menggugat keputusan penetapan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sebagai titik nol pusat peradaban Islam di Nusantara pada tahun 2017 lalu yang dinilai politis.

Dalam bukunya ‘Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaharu Islam Indonesia’, Jelas Azyumardi Azra menyebutkan bahwa sejak tahun 1570-an Aceh telah menerima kedatangan ulama terkemuka dari Hijaz, Mesir, dan Gujarat.

Baca Juga: BSU Tahap 2 Sudah Cair? Simak Info Terbaru dari Kemnaker, Rp600 Ribu Bisa Diambil dengan Cara Ini

Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim suaramerdeka.com dari berbagai sumber, dengan keputusan Presiden Jokowi meresmikan Tugu Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara pada 24 Maret 2017, dipandang sebagai upaya pengaburan sejarah Islam di Indonesia.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah ini mengatakan bahwa belum ada bukti otentik yang kuat dan menguatkan secara historis terkait penetapan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sebagai Titik Nol Islam Nusantara.

"Saya tidak menemukan bukti kuat bahwa Barus sebagai Titik Nol Islam Nusantara. Siapa yang membisiki Presiden Jokowi untuk meresmikan itu, sebab tak ada bukti di sana,"sebutnya dalam seminar "Mempertegas Sejarah Awal Islam Di Nusantara" di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh tahun 2017.

Dalam seminar tersebut hadir juga Prof. Farid Wajdi Ibrahim, MA, dan sejarawan Dr Husaini Ibrahim, MA.

Baca Juga: Cara Mudah Basmi Jamur Tanaman Aglonema hinga AKAR, Dijamin Tumbuh Subur Cukup dengan Bumbu Dapur

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X