Tak Ada Lockdown di Papua, Tito Sebut 3 Wilayah Masuk PPKM Level 4

- Senin, 26 Juli 2021 | 19:47 WIB
Mendagri Tito Karnavian. (Humas Setkab) (Jati Prihatnomo)
Mendagri Tito Karnavian. (Humas Setkab) (Jati Prihatnomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Papua berencana menerapkan lockdown dengan menutup akses masuk-keluar Papua pada 1 hingga 31 Agustus 2021. Menanggapi hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan tidak ada istilah lockdown.

Menurut mantan Kapolri itu, belum tentu semua masyarakat memahami arti lockdown.

"Saya sudah komunikasikan ke Gubernur Papua, jadi kita gunakan istilah PPKM Level 3-4, bukan lockdown. Kalau lockdown nanti masyarakat jadi bingung," ucap Tito Karnavian dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada 26 Juli 2021.

Ia mengungkapkan sudah menjalin komunikasi dengan Gubernur Papua tadi pagi.

Baca Juga: Menkes Sebut testing Covid-19 Turun saat Hari Libur

"Ada 3 wilayah yang termasuk ke dalam level 4 (di Papua) yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke," ungkapnya.

Tito mengaku sudah memerintahkan Gubernur Papua untuk menggelar rapat Forkopminda hari ini untuk menerapkan PPKM level 3-4.

"Nanti kita evaluasi lagi. Kita berharap terjadi penurunan kasus di Papua seperti diharapkan Pak Gubernur, kemudian BOR makin melonggar," ucapnya, seperti dikutip suaramerdeka.com dari Pikiran-Rakyat.com.

Jika keadaan belum membaik juga, Tito mengatakan bukan tidak mungkin penerapan PPKM Level 4 di Papua akan diteruskan setelah 2 Agustus 2021. ***  (Rio Rizky Pangestu/Pikiran Rakyat)

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X