Bansos Tak Bisa Dibelanjakan Rokok dan Miras, Fitur Baru Disiapkan Pemerintah

- Senin, 26 Juli 2021 | 17:07 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. SM/Dok
Menteri Sosial Tri Rismaharini. SM/Dok



JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebuah fitur baru akan diterapkan oleh pemerintah untuk membatasi penggunaan bansos yang tidak sesuai.

Dengan adanya aplikasi tersebut, Mensos Tri Rismaharini menegaskan dana bansos tidak lagi bisa untuk membeli minuman keras dan rokok.

"Sesuai dengan perintah Bapak Presiden, tidak ada lagi belanja untuk rokok, tidak ada lagi belanja untuk minuman keras. Maka dengan fitur itu kita bisa membatasi tidak ada lagi belanja karena tidak bisa keluar uang bayarannya kalau itu digunakan untuk membeli minuman keras dan rokok," kata Risma dalam konferensi pers virtual yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 26 Juli 2021.

Baca Juga: Hanya Ada di PPKM Level 3-4, Makan di Warung Diawasi Satpol PP

Sejumlah pihak akan dilibatkan untuk meluncurkan software terkait bansos. Aplikasi itu diharapkan dapat membuat kemudahan warga dalam berbelanja.

Aplikasi tersebut rencananya akan diluncurkan pada 17 Agustus 2021. Penerapan software ini nantinya akan dibantu oleh Bank Indonesia, sektor fintech dan e-commerce.

"Mudah-mudahan nanti kita bisa launching tanggal 17 Agustus. Kami dibantu oleh BI dan juga dalam pengawasan OJK dibantu dengan teman-teman muda yang bekerja di sektor fintech dan e-commerce untuk menggunakan aplikasi. Jadi nanti belanja bisa di mana saja bukan di e-warung saja tapi bisa di mana saja menggunakan fitur itu," kata dia, seperti dikutip suaramerdeka.com dari Pikiran-Rakyat.com. *** (Julkifli Sinuhaji/Pikiran Rakyat)

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X