Bantuan Sosial Harus Dipastikan Sampai, Puan: Pemerintah Harus Ekstra Hati-hati

- Senin, 26 Juli 2021 | 14:26 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. /suaramerdeka.com/dok
Ketua DPR RI Puan Maharani. /suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah diingatkan untuk ekstra berhati-hati terkait perpanjangan PPKM Level 4. Termasuk pelonggarannya untuk sektor usaha kecil.

"Sebab dari hasil evaluasi yang disampaikan pemerintah, terdapat sejumlah indikator penularan yang belum turun," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/7).

Menurutnya, meski sudah ada tren penurunan, namun di beberapa daerah indikator tersebut justru masih meningkat. Begitu juga angka kematian di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan.

"Karenanya, pemerintah harus ekstra hati-hati. PPKM Level 4 dengan segala penyesuaiannya ke depan, harus mampu menurunkan semua indikator laju penularan termasuk angka kematian saat isolasi mandiri," ujarnya.

Baca Juga: PPKM Level 4, Transportasi Umum Dibatasi 50 Persen Penumpang dengan Syarat

Dia menegaskan, pemerintah daerah tidak boleh beralasan kematian tinggi karena banyak pasien isoman tidak lapor.

Justru disitulah tugas aparat pemda yang dibantu masyarakat, untuk terus memantau kondisi wilayahnya selama PPKM Level 4 diterapkan.

"Pemerintah harus lebih responsif terhadap setiap perubahan kondisi penularan yang terjadi. Dalam strategi gas dan rem yang dipakai pemerintah, kalau PPKM Level 4 diperlonggar (untuk sektor usaha kecil), berarti pemerintah sudah kembali menginjak gas meski belum sepenuhnya melepas rem," tandasnya.

Dalam kondisi pelonggaran seperti ini, lanjutnya, pemerintah harus lebih sigap mengambil tindakan. Terutama jika tiba-tiba terjadi peningkatan laju penularan Covid-19.

"Tindakan pemerintah dalam mengubah mode gas atau rem tidak boleh telat. Tidak boleh kalah cepat dengan fluktuasi penularan virus itu sendiri," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB
X