Berikut Penyesuaian Aturan Pada PPKM Level 4

- Minggu, 25 Juli 2021 | 22:03 WIB
Berikut Penyesuaian Aturan Pada PPKM Level 4
Berikut Penyesuaian Aturan Pada PPKM Level 4

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa kebijakan untuk melanjutkan PPKM level 4 tersebut sudah mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi, dan dinamika sosial masyarakat dengan beberapa penyesuaian peraturan terkait dengan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Menko Manivest, Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan pemberlakuan PPKM level 4 dan 3 dikaji berdasarakan tiga faktor utama yaitu indikatir laju penularan kasus, respon sistem kesehatan yang berdasarkan panduan dari WHO, Indikator ketiga ialah kondisi sosio ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Auditorium Imam Barjo Undip Dijadikan Sentra Vaksinasi

“Presiden menekankan betul yang terakhir yaitu kondisi sosio ekonomi masyarakat. Tiga indicator itu jadi barometer kita,” terangnya dalam konfrensi pers Evaluasi dan Penerapan PPKm via zoom, Minggu (25/7).

Berdasarkan pertimbangan diatas, penyesuaian PPKM level 4 yag akan dimulai 26 juli hingga 2 Agustus 2021 adalah sebagai berikut.

Pertama, pasar rakyat yang menjual sembako sehari hari diperbolehkan buka speperti biasa dengan prokes yang ketat. Pasar rakyat yang menjual selain kebuthan seharu-haru, bisa buka dengan kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 3 sore diman apengaturan lebih lanjuta diatur Pemda.

“Kami minta pemda mengaur betul jangan sampai terjadi kerumunan dan cluster baru,” tuturnya.

Beberapa jenis usaha kecil seperti PKL , toko klontong agen, outlet voucher, pangkas ramnbut, laundry, asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan lainnya diijinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 21.00 dengan pengturan teknisnya diatur pemda.

Baca Juga: Unwahas Siapkan SDM Diplomat Santri

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X