PPKM Level 4 Diperpanjang, Airlangga: Pemerintah Tambah Bansos di Level 4

- Minggu, 25 Juli 2021 | 21:55 WIB
Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenko Perekonomian.
Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenko Perekonomian.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah memperpanjang PPKM Level empat hingga 2 Agustus 2021.

Selain di Jawa-Bali, PPKM Level 4 juga diterapkan di 45 kabupaten dan kota di 21 provinsi. Sementara, PPKM Level III juga akan diterapkan di 276 kabupaten/kota di 21 provinsi di luar Jawa-Bali. PPKM Level II diberlakukan di 65 kabupaten/kota di 17 provinsi di luar Jawa-Bali.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pemerintah akan menambah bantuan sosial di wilayah penerapan PPKM Level 4.

Baca Juga: Hendi Tambah Tim Vaksinasi Keliling di Kota Semarang

Yakni, menambah bantuan kartu sembako sebesar Rp 200 ribu untuk dua bulan. Penerima kartu sembako ini untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Pemerintah menambah kartu sembako selama PPKM Level 4 untuk 5,9 juta KPM yang merupakan usulan daerah dengan besaran juga Rp 200 ribu per bulan selama enam bulan.

"Kemudian perpanjangan bantuan sosial tunai (BST) untuk dua bulan, Mei sampai dengan Juni ini disalurkan di bulan Juli sebesar Rp 6,4 triliun untuk 10 juta KPM,” ujar Airlangga dalam konferensi pers secara daring, Minggu 25 Juli 2021.

Baca Juga: Konfercab, NU Perlu Perkuat Teknologi Informasi

Selain itu pemerintah juga melanjutkan subsidi kuota internet selama lima bulan dari Agustus sampai Desember 2021 yang nilainya mencapai Rp 5,54 triliun.

Kemudian, melanjutkan diskon listrik selama tiga bulan, dari Oktober sampai dengan Desember besarnya Rp 1,91 triliun untuk 32,6 juta pelanggan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X