Permukiman Warga Kabupaten Batu Bara Diterjang Angin Puting Beliung, Tak Ada Korban Jiwa

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 18:31 WIB
angin puting beliung menerjang sejumlah rumah warga di Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara. /Foto/Istimwa
angin puting beliung menerjang sejumlah rumah warga di Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara. /Foto/Istimwa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bencana alam angin puting beliung menerjang sejumlah rumah warga di Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat 23 Juli 2021, pukul 05.00 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, PhD mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Ia menjelaskan, fenomena alam ini melanda enam desa yang tersebar di dua kecamatan, yaitu Desa Perkebunan Sei Bejangkar, Desa Benteng Jaya dan Desa Durian di Kecamatan Sei Balai.

Baca Juga: Lifter Putri Indonesia Windy Cantika Aisah Sumbang Perunggu Olimpiade Tokyo

Desa terdampak lain yaitu Desa Bangun Sari, Desa Tanah Timbul dan Desa Sei Balai di Kecamatan Datuk Tanah Datar.

Dilansir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, akibat fenomena angin puting beliung ini, sebanyak 50 KK terdampak, sedangkan sebanyak 50 unit rumah warga mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan yang berbeda.

Merespons kejadian tersebut, BPBD Kabupaten Batu Bara segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya penanganan darurat, seperti pendataan bersama aparat setempat.

Pendataan ini termasuk menginvetarisasi jumlah dan tingkat kerusakan infrasturktur yang terdampak angin puting beliung.

Baca Juga: Langgar HAM, Kuba Mendapat Sanksi dari AS

Di samping itu, aparat dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB

RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
X