Transformasi Digital Pengelolaan Museum Butuh Perubahan Mindset, Juga Didukung 3 Hal

- Minggu, 11 September 2022 | 06:14 WIB
Ilustrasi kunjungan ke museum Ronggowarsito. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Ilustrasi kunjungan ke museum Ronggowarsito. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Transformasi digital dalam pengelolaan museum harus diawali dengan mengubah mindset para pemangku kebijakan dan masyarakat.

Hal itu juga harus didukung komitmen pendanaan, kemampuan berinovasi dan keyakinan spritual yang kuat.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam Diskusi Kerja Budaya Transformasi Digital, Reka Budaya, dan Museum Kita di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 9 September 2022 mengatakan transformasi pengelolaan museum dengan memanfaatkan teknologi digital bisa menjadi kunci transformasi.

Baca Juga: Bersyukurlah 8 Zodiak Ini, Keberuntungan Nggak Bakal Jauh, Rezeki dan Cuan Mengalir Non Stop

Fungsi museum yang semula hanya menjadi tempat menyimpan benda budaya menjadi ruang-ruang yang mampu memberi pengalaman budaya kepada para pengunjungnya.

"Upaya transformasi di bidang budaya khususnya pengelolaan museum ini harus menjadi gerakan bersama. Pembangunan kebudayaan bukan hanya secara fisik semata, tetapi juga harus lewat dukungan berbagai riset kebudayaan dan pendanaan yang berkelanjutan," katanya.

Lestari menilai transformasi digital mampu mempersatukan kelompok yang mengedepankan aspek konservasi dan kelompok yang mengedepankan pemanfaatan secara ekonomi dalam pengelolaan museum.

Baca Juga: Senang Sekali 6 Zodiak Ini, Disinggahi Keberuntungan Bawa Rezeki dan Cuan Banyak Banget, di Antaranya Anda?

Menurut Lestari, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu kunci untuk mengawali proses transformasi adalah mengubah mindset atau cara berpikir para pemangku kepentingan dan masyarakat.

Sehingga, tambah dia, para pengelola museum dan objek-objek cagar budaya mampu memahami langkah-langkah pengembangan kebudayaan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X