Airlangga Salah Satu Capres yang Disenangi Presiden Jokowi, Pengamat: Faktor Isu Ekonomi

- Kamis, 8 September 2022 | 20:37 WIB
Presiden Joko Widodo dan Airlangga Hartarto. (foto: Golkar Indonesia)
Presiden Joko Widodo dan Airlangga Hartarto. (foto: Golkar Indonesia)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan, alasan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi salah satu dari tiga nama bakal calon presiden (capres) yang disenangi Presiden Joko Widodo.

"Jelas karena Airlangga adalah menteri dari kabinet Jokowi. Kedua adalah faktor ketua umum partai Golkar yang hingga hari ini solid mendukung Jokowi," terang Herry.

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena yang mengungkap tiga nama yang disenangi Presiden Jokowi yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Dengar Warta Kata Dewa Langit, 4 Zodiak Digempur Rezeki dan Cuan, Alhamdulillah, Bisa Melunasi Hutang

Herry menambahkan faktor berikutnya yakni isu ekonomi yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi.

Sedangkan, saat ini Airlangga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Ketiga, adalah isu-isu ekonomi yang menjadi isu sentral dan menjadi fokus dari pemerintahan Jokowi. Kebetulan juga menterinya atau pimpinannya adalah Airlangga," terusnya.

Baca Juga: Bisikan Dewa Langit, 4 Zodiak Usaha Bisnis Lancar, Rezeki dan Cuan Mengalir Deras

Menurut Herry, persoalan ekonomi menjadi salah satu alasan kecenderungan Jokowi pada Airlangga yang diprediksi maju sebagai capres di Pemilu 2024. Di sisi lain, isu ekonomi juga tengah menjadi sorotan saat pandemi hingga sekarang kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

"Ketiga ini menjadi faktor kesukaan Jokowi sekaligus juga menjadi faktor yang, menurut saya, menjadi evaluasi tersendiri bagi Airlangga. Karena isu ekonomi per hari ini adalah isu yang nyentrik, populis di kalangan masyarakat, karena bersinggungan dengan realita yang terjadi di masyarakat terutama konteksnya adalah kenaikan harga BBM," sambungnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X