Pinangki Bebas Bersyarat, Berikut Profil Rekam Jejak Pendidikan dan Karir Menterengnya di Kejaksaan Agung

- Kamis, 8 September 2022 | 19:33 WIB
Pinangki Sirna Malasari, terpidana kasus suap Djoko Tjandra dibebaskan bersyarat pada Selasa, 6 September 2022. (Pikiran Rakyat)
Pinangki Sirna Malasari, terpidana kasus suap Djoko Tjandra dibebaskan bersyarat pada Selasa, 6 September 2022. (Pikiran Rakyat)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari dinyatakan bebas bersyarat oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pinangki sebelumnya divonis bersalah oleh Majelis Hakin dan harus menjalani hukuman selama empat tahun.

Pinangki merupakan terdakwa tindak pidana korupsi yang melibatkan Djoko Tjandra dan Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Napoleon Bonaparte.

Baca Juga: Raih Rating Tinggi, Little Women Malah Dituduh Plagiarisme Pihak Kosmetik Ini

Pinangki terbukti melakukan tiga perbuatan pidana, antara lain menerima suap, pencucian uang, dan pemufakatan jahat dengan tersangka Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dan Andi Irfan Jaya untuk mendapatkan fatwa Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2020.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis Pinangki Sirna Malasari 10 tahun penjara dan harus membayar denda Rp600 juta subsider enam bulan kurungan.

Namun, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada sidang banding memangkas hukumannya dari 10 tahun menjadi 4 tahun

Baca Juga: Terbongkar Rahasia Basmi Kutu Putih, Letakkan Tanaman Hias di Luar Ruangan saat Musim Ini

Dua per tiga waktu yang telah dihabiskan Pinangki untuk menebus kesalahannya. Masa hukuman Pinangki baru akan berakhir pada 18 Desember 2023.

Meski begitu Pinangki diwajibkan mengikuti program bimbingan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Selatan hingga 18 Desember 2024.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengacara Kamaruddin Minta Oknum Jaksa Diperiksa

Jumat, 25 November 2022 | 16:48 WIB

RUU KUHP Segera Disahkan, Ini Komentar Ahli Hukum

Jumat, 25 November 2022 | 14:12 WIB
X