Gelar Rapat Koordinasi soal Penindakan, Moeldoko: Jangan Persulit Nelayan di Laut

- Rabu, 7 September 2022 | 11:06 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko pimpin rapat koordinasi terkait penindakan kapal nelayan di laut, di gedung Bina Graha Jakarta, Rabu 7 September 2022. (suaramerdeka.com / dok KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko pimpin rapat koordinasi terkait penindakan kapal nelayan di laut, di gedung Bina Graha Jakarta, Rabu 7 September 2022. (suaramerdeka.com / dok KSP)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menekankan pentingnya sinergitas antar kementerian/lembaga di laut agar kegiatan perikanan berjalan lancar.

Sebab, kata Moeldoko, masih ada keluhan soal tumpang tindih dalam pemeriksaan dan penindakan kapal nelayan oleh aparat di laut, yang justru bisa menghambat sektor perikanan dan kegiatan nelayan.

"Penegakan aturan memang harus jalan. Tapi jangan kemudian aparat di laut melakukan langkah-langkah sejenis dengan pemeriksaan dan penindakan secara berulang-ulang. Jangan persulit nelayan kita."

"Mereka sudah pusing dengan harga solar jangan ditambah lagi bebannya," tegas Moeldoko pada rapat koordinasi terkait penindakan kapal nelayan di laut, Rabu 7 September.

Baca Juga: Istimewa! Dua Gol ke Gawang Sevilla, Bawa Erling Haaland Catatkan Rekor Baru, Apa Itu?

Moeldoko menilai, untuk membangun sinergitas antar kementerian/lembaga di laut harus ada sebuah sistem informasi terpadu yang terhubung dengan semua pemangku kepentingan dan stakeholder yang terlibat dalam penanganan keamanan laut.

Dengan demikian penindakan kapal nelayan di laut dapat ditangani secara tepat dan terukur, serta sumber daya alam tetap terjaga dari nelayan asing.

Panglima TNI 2013-2015 ini mengingatkan, bahwa nelayan merupakan stakeholder utama dalam sebuah kebijakan kelautan dan perikanan.

Untuk itu, diperlukan sebuah kebijakan yang konkrit dan pola koordinasi yang baik sehingga nelayan semakin sejahtera dan berdaulat.

Baca Juga: Dengar Sabdo Primbon Jawa, Ini Keistimewaan Weton Rabu Legi dari Watak, Jodoh, Rezeki dan Karir

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X