Masyarakat Belum Terima BLT Rp300.000 per Bulan, Menkeu Sri Mulyani Sebut Pemda Lamban

Red
- Jumat, 23 Juli 2021 | 11:25 WIB
menkeu sri mulyani
menkeu sri mulyani

JAKARTA, suaramerdeka.com – Bantuan Pemerintah pusat sebesar Rp28,8 Triliun atau 30 persen dari dana desa, yaitu Rp72 triliun telah disalurkan untuk masyarakat.

Faktanya, baru terealisasi sebesar 5,2 juta keluarga penerima bansos. Padahal, seharusnya warga bisa menerima bantuan Rp300 ribu per bulan.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) lamban dalam menyalurkannya.

"Namun, realisasinya baru 5,2 juta keluarga yang menerima. Padahal, BLT desa ini bisa diberikan untuk 8 juta KPM (keluarga penerima manfaat), di mana mereka bisa mendapatkan Rp300 ribu per bulan selama 12 bulan," kata Sri Mulyani pada Rabu, 21 Juli 2021.

Baca Juga: Testing-Tracing Daerah PPKM Level 4 Masih Rendah, Hanya 5 Wilayah Capai Target

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat pun meminta para Kepala Daerah untuk tidak menunda atau memendam dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang telah dianggarkan sebagai bantuan masyarakat dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah Daerah diharapkan tanggap terhadap kebijakan Pemerintah Pusat dan kondisi krisis yang terjadi saat ini dengan tidak menunda apalagi memendam dana BLT yang sangat dibutuhkan dan ditunggu oleh rakyat," katanya yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari MPR RI, Jumat, 23 Juli 2021.

Menurut politikus Partai Nasdem itu, penyaluran dana BLT bukan hal baru bagi Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Edukasi Manfaat Vaksin Covid-19 Bagi Anak Digencarkan, Siti Nadia: Banyak Orang Tua Masih Ragu

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X