Testing-Tracing Daerah PPKM Level 4 Masih Rendah, Hanya 5 Wilayah Capai Target

- Jumat, 23 Juli 2021 | 11:00 WIB
Testing dan Tracing (suaramerdeka.com /covid19.go.id)
Testing dan Tracing (suaramerdeka.com /covid19.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan secara nasional jumlah testing nasional meningkat,

Namun khusus capaian terhadap target testing dan tracing di daerah PPKM level 4, masih rendah. Bahkan, lanjut Nadia, dalam 3 hari terakhir justru mengalami penurunan.

Begitu juga angka positivity rate terlihat masih di atas 5 persen dan di beberapa provinsi angka positif ini terlihat peningkatan.

Angka ini menunjukkan adanya penularan luas di masyarakat dan perlunya penambahan testing untuk segera mengidentifikasi kasus sakit dengan populasi yang sehat.

Baca Juga: Edukasi Manfaat Vaksin Covid-19 Bagi Anak Digencarkan, Siti Nadia: Banyak Orang Tua Masih Ragu

Nadia menyebut capaian testing 3 hari terakhir hanya 5 kabupaten/kota bisa mencapai target di atas 90 persen, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sumenep.

Untuk itu, Satgas mendorong kabupaten/kota PPKM level 4, testing perlu ditingkatkan terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Untuk memaksimalkan penemuan kasus dan menurunkan positivity rate, testing terhadap suspek dan kontak erat perlu terus ditingkatkan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Tahap I Sleman Ditarget Rampung Agustus

Dia mengingatkan, untuk menurunkan laju penularan, selain mengurangi mobilitas perlu diidentifikasi kontak erat dengan cepat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X