PPKM Level 4 Bakal Dilonggarkan, Keluhan Masyarakat jadi Pertimbangan

- Kamis, 22 Juli 2021 | 20:14 WIB
Wiku Adisasmito (Foto Pikiran Rakyat)
Wiku Adisasmito (Foto Pikiran Rakyat)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 direncanakan akan dilonggarkan pemerintah pada 26 Juli apabila kasus Covid-19 menurun serta mempertimbangkan keluhan masyarakat.

Pertimbangan tersebut juga masuk dalam komponen relaksasi kegiatan masyarakat yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Salah satunya, aspirasi dan perilaku masyarakat.

"Keluhan masyarakat untuk segera merelaksasi pembatasan yang cukup ketat selama sebulan terakhir (akan menjadi pertimbangan)," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/7), seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Baca Juga: PPKM Darurat, Ribuan Pelanggaran Prokes Tetap Terjadi

Selain keluhan, perilaku masyarakat juga menjadi pertimbangan pemerintah. Perilaku masyarakat ini salah satunya tercermin dari tren penurunan mobilitas penduduk.

Pertimbangan lain yang akan dipakai pemerintah adalah perhitungan tren kasus dan indikator epidemiologis, seperti angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy ratio penambahan kasus positif harian yang mengalami penurunan, serta potensi kasus ke depan.

Selain itu, kapasitas manajemen kesehatan juga menjadi faktor penting dalam pelonggaran. Manajemen kesehatan yang dimaksud meliputi penguatan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta dengan mengkonversi tempat tidur, membangun rumah sakit darurat, dan menjalin kemitraan dengan penyedia jasa telemedicine.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tidak Turun Otomatis, Faheem Younus: Negara Kompak Menang Lawan Virus

Terakhir, pemerintah mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi dari PPKM. "Khususnya dampak bagi masyarakat dengan pendapatan menengah ke bawah dan usaha mikro," ujar Wiku.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJPH Dukung Pengembangan Produk Kosmetik Halal

Rabu, 28 Juli 2021 | 23:17 WIB

NPHD Ditandangani, Dana KONI Segera Cair

Rabu, 28 Juli 2021 | 21:16 WIB
X