Indonesia Pasti Bisa Bantu Rumah Sakit Rp 15,4 Miliar, Sediakan Konsentrator Oksigen

Red
- Kamis, 22 Juli 2021 | 16:43 WIB
Tabung Oksigen
Tabung Oksigen

JAKARTA, suaramerdeka.com - Gerakan Indonesia Pasti Bisa (IDPB) yang diinisiasi oleh East Ventures, berhasil mengumpulkan donasi senilai US$ 1.063.519 atau sekitar Rp 15,4 miliar dalam waktu 10 hari untuk membantu rumah sakit di Indonesia dalam penyediaan konsentrator oksigen.

Masa pengumpulan donasi ini empat hari lebih cepat dari waktu yang ditargetkan.

"Kami bersyukur dan merasa tersentuh dengan dukungan dari para donatur dan mitra,” kata Willson penggagas gerakan IDPB.

Gerakan Indonesia Pasti Bisa membangun sebuah platform terintegrasi yang menggabungkan beberapa startup seperti platform data Bonza, integrasi pembayaran dari Xendit dan Koinworks, jaringan logistik dari Waresix, inventory tracking dari Advotics, dan platform media dari IDN Media.

Baca Juga: Percepatan Distribusi Bansos, Wapres Minta Perbaikan Data Penerima Manfaat Dipercepat

"Indonesia Pasti Bisa Jaga Oksigen merancang solusi end-to-end mulai dari donasi, pengadaan mesin, prediksi kebutuhan oksigen, distribusi atau logistik, pelacakan hingga publikasi." kata Wilson, seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Gerakan ini berhasil mengirimkan ratusan oksigen ke rumah sakit secara berkala. Hingga saat ini, sebanyak 200 unit oksigen dikirimkan kepada 33 rumah sakit di 10 provinsi. Sebanyak 170 unit telah diterima oleh 28 rumah sakit di enam provinsi, 30 unit sisanya masih dalam perjalanan menuju 5 rumah sakit di lima provinsi.

"Sistem pelacakan donasi ini sudah siap untuk scale up ke level nasional termasuk pelacakan di luar donasi oxygen concentrator,” kata Willson.

Baca Juga: Heboh Kremasi Jenazah Covid-19 Senilai Rp 80 Juta, Kabareksrim Polri: Sedang Kami Selidiki

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

Jumat, 24 September 2021 | 20:12 WIB
X