BPOM belum Keluarkan Izin Edar dan Penggunaan Darurat Ivermectin, Penny Lukito: Masih Uji Klinis

- Kamis, 22 Juli 2021 | 12:10 WIB
Ivermectine (Nugroho Wahyu Utomo)
Ivermectine (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejauh ini belum mengeluarkan izin edar dan izin penggunaan darurat ivermectin untuk terapi covid-19.

Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, ivermectin saat ini masih dilakukan uji klinis untuk mendapatkan data khasiat dan keamaanan dalam penyembuhan covid-19.

Sedangkan yang dikeluarkan BPOM saat ini masih berupa petunjuk pemanfaatan  Ivermectin melalui Skema Perluasan Penggunaan Khusus (Expanded Access Program/EAP).

Baca Juga: Tertibkan Warga di masa PPKM Darurat, Menkominfo Minta Aparat Gunakan Pendekatan Humanis

Penny menjelaskan, bahwa skema ini memungkinkan suatu obat yang masih dalam tahap uji klinis seperti  Ivermectin  untuk dapat digunakan di luar uji klinis tersebut apabila diperlukan dalam kondisi darurat.

“Mengingat Ivermectin adalah obat keras dan persetujuan EAP bukan merupakan persetujuan izin edar, maka ditekankan kepada Industri Farmasi yang memproduksi obat tersebut dan pihak manapun untuk tidak mempromosikan obat tersebut,” kata Penny, seperti yang dikutip suaramerdeka.com dari pikiran-rakyat.com, kamis, 22 Juli 2021.

Ditambahkannya, bahwa ivermectin hanya boleh digunakan pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan menggunakan dosis atau aturan pakai yang sama dengan dalam proses uji klinis.

Baca Juga: Stok Vaksin Sejumlah Provinsi Menipis, Puan Tegaskan Vaksinasi Tak Boleh Berhenti

Selain itu BPOM, kata Penny, juga akan mengawasi distribusi obat yang mendapat persetujuan EAP seperti Ivermectin untuk mencegah potensi penyalahgunaannya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

Jumat, 24 September 2021 | 20:12 WIB

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB
X