Kepulangan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah Jadi Pembahasan Rakor Kemensos

- Rabu, 21 Juli 2021 | 20:24 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com - Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial,  Harry Hikmat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Kepulangan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) dari Malaysia yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) secara daring.

Rapat Koordinasi ini membahas persiapan pemulangan PMIB dari Malaysia, diantaranya terkait data dan keterangan rinci kepulangan PMIB (nama, asal/tujuan akhir, jadwal kedatangan, PCR, kelengkapan dokumen kesehatan dan dokumen perjalanan), persiapan di pintu Debarkasi (Bandara Soekarno Hatta), memastikan ketersediaan tempat karantina dan tempat transit baik di Wisma Atlet Pademangan maupun di Balai/Loka Rehabilitasi Sosial milik Kemensos. 

Baca Juga: Dapur Umum Balai Wyata Guna Terus Ngebul Saat PPKM Darurat

Selanjutnya terkait pendataan PMIB (administrasi kependudukan), vaksinasi, pemulangan PMIB ke daerah asal (transportasi ke daeral asal dan perencanaan reintegrasi dan pemberdayaan) serta kesiapan Pemerintah Daerah dalam proses pemulangan PMIB.

Pemerintah Indonesia berencana memulangkan  63 orang deportan kelompok rentan dari 3 depo imigrasi Malaysia. Para deportan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, terbanyak dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 19 orang. Selanjutnya dari Provinsi Sumatera Utara 16 orang, Aceh 5 orang dan Jawa Barat 4 orang. 

Prioritas kepulangan PMIB saat ini ditujukan kepada deportan kelompok rentan yang terdiri dari lanjut usia 5 orang, Ibu dan anak 22 orang, Ibu hamil 1 orang, sakit 35 orang dengan jenis penyakit terbanyak hipertensi. 

Baca Juga: Mahasiswa IAIN Batusanagkar Menangkan Seleksi Kursus Internasional Bidang Biologi

Para deportan ini akan diterbangkan langsung dari Bandara Kuala Lumpur Malaysia menuju Bandara Soekarno Hatta Tangerang pada tanggal 22 Juli 2021. Selanjutnya mereka akan menjalani masa karantina selama 8 hari di Wisma Atlet Kemayoran Pademangan Jakarta sebelum dipulangkan ke daerah asal.  

Rapat Koordinasi Penanganan Kepulangan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah dari Malaysia ini dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri dan dihadiri perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya diantaranya Kementerian Sosial, Kementerian Luar Negeri, BP2MI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Angkasa Pura II. 

 

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Jajaki Dukungan Capres

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Saatnya, Kawasan Selatan Jabar Jadi Sasaran Menawan

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:32 WIB
X