Regulasi Penggunaan Obat untuk Kondisi Darurat Diterbitkan, BPOM: Ivermectin Bisa Diajukan

Red
- Rabu, 21 Juli 2021 | 17:18 WIB
Obat-obatan sebagai komoditas inti. (foto ilustrasi: pikiran rakyat)
Obat-obatan sebagai komoditas inti. (foto ilustrasi: pikiran rakyat)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan regulasi penggunaan obat dalam kondisi darurat dalam mengatasi penyakit yang mengancam jiwa.

Regulasi tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BPOM Nomor HK.02.02.1.2.07.21.288 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Prinsip Penggunaan Obat Melalui Skema Expanded Access Programs (EAP) Pada Kondisi Darurat.

Kepala BPOM Penny K Lukito melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, mengungkapkan, persetujuan penggunaan obat melalui EAP bukan merupakan izin edar (EUA) yang ditujukan kepada industri farmasi.

Baca Juga: Konsentrator Oksigen si Alkes Portabel yang Simpel, Begini Cara Kerjanya

Lebih kepada persetujuan penggunaan kepada Kementerian/Lembaga penyelenggara urusan pemerintahan di bidang kesehatan, institusi kesehatan atau fasilitas pelayanan kesehatan, imbuh Penny.

Skema EAP telah diberlakukan oleh regulator obat di beberapa negara, seperti The United States Food and Drug Administration (US FDA) dan European Medicines Agency (EMA).

Menurut Penny EAP merupakan skema yang memungkinkan perluasan penggunaan obat yang masih dalam tahap uji klinik untuk dapat digunakan di luar uji klinik yang berjalan jika diperlukan dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Bersepeda Motor, Pasutri Bagi-Bagi Nasi Bungkus Keliling Kota, Ajak Saling Peduli  

Namun penggunaan obat yang digunakan melalui skema EAP harus dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan, serta menggunakan dosis dan aturan pakai yang sama dengan yang digunakan dalam uji klinik, kata Penny.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadi Sobat FFWI XI, Cinta Laura: Sukses Selalu

Sabtu, 24 Juli 2021 | 08:24 WIB

Ada Peragaan Adegan Protokol Kesehatan

Sabtu, 24 Juli 2021 | 02:47 WIB
X